Yang sering dirasakan ketika pulang dari mudik

Lebaran memang menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Tetapi ketika hal tersebut terpisahkan oleh jarak, pastinya mudik adalah salah satu solusi yang harus dilakukan untuk bisa berkumpul menikmati indahnya kebersamaan. Dan saat ini, berhubung lebaran masih ada di depan mata, saya sedikit berbagi pengalaman tentang mudik. Khususnya ketika pulang mudik, apa itu? Ini dia, hal yang biasa dirasakan ketika pulang dari mudik.

– Capek

Capek, letih, lelah, lesu adalah hal yang biasa dirasakan bagi pemudik kembali ke tempat asal. Jarak tempuh yang jauh akan menguras tenaga selama perjalanan, apalagi jika pemudik menggunakan transportasi pribadi dan mengendarainya sendiri.

– Sedih

Sedih?! Kenapa bisa sedih? Sedikit banyaknya kamu pasti akan merasakan sedih karena harus berpisah lagi dengan orang tua, saudara, ataupun teman. Pertemuan singkat pada hari Lebaran rasanya memberikan kesan tersendiri. Khususnya jika kamu merasa sudah lama sekali tidak pernah bertemu. Walaupun perpisahan hanya bersifat sementara, tidak jarang perasaan sedih dirasakan oleh para pemudik ketika hendak kembali ke tempat asal, atau perantauan.

– Pusing

Pusing dalam arti kata disini adalah pusing karena harus melunasi beberapa tagihan yang harus di bayar karena adanya pinjaman. Indahnya Lebaran mengundang saya untuk memaksakan diri pulang kampung, meskipun sebenarnya saya tidak memiliki dana yang mencukupi. Tapi saya percaya, seperti halnya tips lebay ketika mudik, saya yakin banget ada pemudik yang akan merasakan hal ini. Karena memang tidak bisa dipungkiri, mudik membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi ketika hari Lebaran.

– Malas

Pulang dari mudik dan sesampainya di rumah, sesekali ada perasaan malas. Malas untuk kuliah/kerja di keesokan harinya. Hal ini disebabkan karena kebiasaan hari-hari kemarin, dimana munculnya rasa ingin kembali lagi ke kampung halaman, atau karena kelelahan pulang mudik.

– Kesepian

Lonely.., I’m lonely. Ini nih yang biasanya sangat terasa bagi saya ketika kembali dari mudik. Apalagi jika kamu tinggal sendirian di kost. Bayang-bayang keceriaan dan senyuman anggota keluarga seakan masih membekas di depan mata. Bahkan serasa ada di depan mata. Tidak jarang ketika bertemu dengan teman, secara tidak sadar kamu akan membicarakan tentang keluarga di kampung, masak apa, makanannya apa saja, sampai-sampai keceplosan ngomong, “Rasanya pengen balik lagi gue ke kampung”.

Itulah 5 hal yang sering dirasakan ketika pulang dari mudik. Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, rasanya tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya tinggal mengingat kembali tentang PRIORITAS. Yah, sedang apa dan untuk apa kamu berada disini sekarang. Bagi kamu yang lagi sekolah/kuliah, silahkan motivasi kembali diri kamu untuk segera menyelesaikannya dengan nilai yang memuaskan agar tidak mengecewakan keluarga di kampung halaman. Sedangkan bagi kamu yang sedang berjuang untuk merubah nasib (bekerja), segeralah bangun, sadar, dan katakan dalam hati, “Aku harus memiliki kehidupan yang lebih baik dari sekarang suatu saat nanti”.

Dengan memberikan sedikit motivasi kepada diri sendiri, setidaknya kamu dapat mengusir atau bahkan membunuh semua hal-hal di atas. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk selalu mendoakan orang tua, saudara, serta teman-teman di kampung halaman agar mereka selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*