WordPress Plugin untuk solusi 404 Page Not Found

WordPress adalah salah satu Content Management System yang saya gunakan untuk membuat blog. Dengan tampilan yang sederhana, banyak theme gratisan, plugin gratisan, kemudian selain itu menurut saya lebih mudah untuk melakukan eksperimen pada search engine dengan mengaplikasikan faktor-faktor yang menjadi penunjang dalam hal SEO. Memang setiap blogger memiliki engine favorit yang berbeda-beda, tapi karena saya lebih sering bereksperimen menggunakan wordpress, jadi terkesan lebih simple dan familiar.

Dan, sebenarnya ini adalah postingan eksperimen saya. Apa itu 404 Page Not Found? Bagi anda yang sudah familiar menggunakan WordPress pastinya sudah tidak heran melihat pesan eror tersebut. Yup, halaman tidak ditemukan. Alias halaman yang menuju pada salah satu postingan anda tidak ditemukan. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap peran di mata SEO.

Melihat kejadian beberapa hari ini, dimana blog ini mengalami penurunan yang cukup drastis. Saya coba telusuri satu per satu pada Google Webmaster apa yang terjadi dan apa kesalahan blog ini. Sejak saya mengganti theme, SERP saya satu per satu menghilang. Herannya pada halaman index nggak ada masalah, dan setiap postingan baru saya selalu terindex oleh Google dalam beberapa menit. Finally, saya heran melihat halaman Crawl Errors. Ternyata banyak sekali halaman postingan pada kolom Response Code di Google Webmaster yang mengalami 404 Not Found. Terdapat 235 Page Not Found, kaget juga liatnya.

Solusi memperbaiki 404 Not Found pada WordPress

Solusinya adalah, saya harus memperbaiki 404 Page Not Found. Karena kalau halaman tersebut di hapus menurut saya justru akan berdampak buruk. Kesimpulan ini juga mengingat bahwa beberapa hari yang lalu saya baru saja mengganti theme yang mungkin memiliki struktur yang berbeda dari sebelumnya.

Finally, saya memutuskan untuk menginstal plugin 404 to Start kemudian melakukan Mark as Fixed pada Google Webmaster. Sekalipun saya tidak bisa secara fix mengembalikan seluruh halaman tersebut kepada halaman yang sebenarnya, tapi saya beranggapan itu dapat menjadikan sebuah solusi. Berhubung ini adalah eksperimen, semoga ini bisa menjadi solusinya.

Solusi memperbaiki 404 Page Not Found pada WordPress

Plugin 404 to Start akan berfungsi mengalihkan 404 Page Not Found ke homepage blog anda. Bukan hanya homepage, karena ini bisa di setting tergantung selera atau keinginan anda. Dan jika halaman tersebut masih terindex di Google, secara perlahan akan menghilangkan halaman yang terindex tersebut yang karena secara logikanya halaman tersebut sudah tidak ada lagi. Itu menurut analisa saya lho. Mau coba silahkan, nggak nyoba juga nggak apa-apa. Yang penting jangan bosan ngeblog dan terus berperang menaklukkan search engine sekalipun burung peliharaan Google sekarang bermacam-macam.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on WordPress Plugin untuk solusi 404 Page Not Found

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*