WordPress plugin untuk menghindari copy paste

Jika anda sedang mencari cara untuk mencegah artikel di blog anda agar tidak di copy paste oleh orang lain, silahkan anda mencoba plugin wordpress anti copy paste yang menurut saya cukup sederhana dan juga mudah untuk digunakan. Apalagi jika anda sama seperti saya, masih sama-sama baru belajar ngeblog, terutama dengan CMS WordPress. WP-CopyProtect, yup, itulah pluginnya. Cara instalasinya sudah saya bilang di atas, sangat mudah dan nggak ribet. Dan menurut saya inilah kelebihan wordpress, karena plugin-plugin yang tersedia, selain untuk mensupport yang kita butuhankan untuk blog, juga kemudahan untuk instalasinya.

Kelebihan plugin WP-CopyProtect selain untuk menjaga artikel di blog wordpress anda tidak di copy paste, juga dapat menghilangkan klik kanan. Tapi menurut saya kelebihan yang ke dua (menghilangkan klik kanan) tidak terlalu penting, lagian apa sih yang mau di lihat. Page info, page source, page source code, bagi saya itu nggak masalah. Menurut saya, justru dengan mengaktifkan klik kanan, anda telah mengurangi kemudahan dalam navigasi pengunjung untuk mem-book mark blog anda melalui klik kanan.

Tanpa panjang lebar lagi, cara instalasi plugin WP-copyprotect, silahkan anda download dulu pluginnya disini, kemudian upload ke wordpress anda, dan aktifkan. Atau cara kedua, untuk lebih sederhana dan mudahnya, silahkan anda login dulu di blog wordpress anda yang ingin dipasangi plugin ini, dan langsung aja search, kalau udah ketemu langsung instal. Tapi jika gagal, karena pencarian dari halaman wordpress (terkadang) sering ngaco, terpaksa anda gunakan cara pertama di atas.

WP-CopyProtectOk, saya anggap sudah anda instal pluginnya. Langkah selanjutnya untuk mengaktifkan dan membuat plugin tersebut benar-benar bekerja, anda aktifkan lagi melalui menu ‘Setting’ trus klik ‘WP-CopyProtect’.

Untuk menjadikan halaman di blog anda tidak bisa di blok, silahkan anda centang bagian ‘disable text selection’, trus save. Selesai. Tadaaa.., silahkan anda lihat hasilnya.

Kemudian, jika anda juga ingin menonaktifkan klik kanan, anda tinggal centang di bagian ‘disable right mouse click’ dan mengisi kotak kosong yang berada di bawah tulisan tersebut untuk memberikan sebuah peringatan ketika ada yang melakukan klik kanan di blog anda.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

15 Comments on WordPress plugin untuk menghindari copy paste

  1. Artikel yang sangat membantu mas, karena artikel saya juga sering di copas, selain dengan menggunakan pugin WP-CopyProtect, kita juga bisa daftarkan website kita di DMCA untuk melaporkan artikel yang di copas supaya di tanggani oleh mbah google 🙂

  2. Kolom Plug in sebelah mana ya? Ko tidak saya temukan, terimakasih.

    @Zahrah : Kalo pake WordPress.org emang gak ada Sist, Plugin kan khusus yang menggunakan WordPress self host (Pakai domain & hosting sendiri).
    Semoga membantu ya 🙂

  3. wah mantap sekali,,, saya itu kalo mau pasang plugin tapi gak browsing dulu masih ragu mas,, biasanya kemasukan spamm mslahnya..
    makasih mas udah kasih rekomendasi yang bagus, malahan bisa bikin page disable klik kanan ya.. sip sip sip.. anda super sekali 🙂

  4. “anda aktifkan lagi melalui menu ‘Setting’ trus klik ‘WP-CopyProtect’.” di setting ga ada, gimana dong? gue install by chetan gole kok -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*