Tutorial Upgrade PrestaShop ke Versi terbaru

Untuk melakukan update PrestaShop terdapat sedikit perbedaan dari CMS yang biasa saya gunakan. Yup, berhubung saya lebih familiar dengan WordPress, awalnya saya sempat kebingungan kalau harus update dan bagaimana cara upgrade versi terbaru PrestaShop.  Itulah salah alasan kenapa saya tertarik untuk belajar tentang PrestaShop. Sistim konfigurasi yang agak ribet, makan source besar, dan cara memaksimalkan SEOnya bagi saya juga penuh dengan tanda tanya. Lah, jadi curhat.

Ok kita mulai. Anda yang memiliki toko online menggunakan PrestaShop, beberapa hari lalu CMS yang bersifat open source ini telah merilis versi terbarunya. Yaitu PrestaShop ver 1.5.6.2. so, bagi anda yang mungkin sedikit kebingungan bagaimana cara update versi terbaru PrestaShop semoga tutorial update PrestaShop terbaru ini bisa membantu.

Panduan cara Upgrade PrestaShop versi Terbaru :

1. Silahkan login ke Cpanel hosting, dan langsung saja menuju ke Softaculous Installer. Disana akan terdapat notifikasi bahwa PrestaShop anda harus di update (seperti gambar di bawah). Jika tidak terdapat notifikasi tersebut, silahkan anda menuju ke script PrestaShop melalui Softaculous Installer.

Cara Upgrade PrestaShop

2. Setelah berada pada halaman Scripts Installation, lakukan backup dulu untuk jaga-jaga seandainya ada kesalahan atau proses update versi ini gagal dengan mengklik tombol backup pada halaman Scripts Installation. Kemudian silahkan upgrade version.

Cara Upgrade PrestaShop 2

3. Saat melakukan upgrade, masukkan nama folder yang anda gunakan sebagai folder admin. Dan itu hanya anda yang tahu. Nama folder admin berbeda-beda karena nama ini ditentukan pada saat anda menginstal PrestaShop pertama kalinya. Kemudian klik upgrade dan tunggu hingga proses upgrade selesai dengan sempurna.

Cara Upgrade PrestaShop 3

4. Kemudian silahkan cek ke halaman dashboard PrestaShop. Anda akan menemukan perintah “You must also delete the /install folder”. Yang menurut penerawangan saya artinya anda harus menghapus folder /install. So, langkah terakhir yang harus diselesaikan adalah menghapus folder tersebut melalui File Manager cpanel anda.

Cara Upgrade PrestaShop 3

5. Silahkan kembali pada halaman Cpanel, kemudian File Manager, dan cari directory public_html. Disana akan terdapat folder install. Hapus folder tersebut.

Cara Upgrade PrestaShop 4

Selesai. Happy selling with PrestaShop engine..

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*