Tutorial lengkap setting email SMTP / POP3 di Android

Cara setting email di android
Image source : techpave.com

Setting email SMTP atau POP3 saat ini sudah menjadi satu kebutuhan, terutama bagi anda yang setiap saat harus update mengetahui apakah ada email masuk atau tidak. Selain itu, menggunakan email dari perangkat seluler Android akan banyak membantu anda untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi yang didapatkan dari email yang anda terima, mungkin itu dari klien, mengetahui informasi, hingga mendapatkan pesan yang harus di balas dengan sesegera mungkin.

Sebenarnya postingan mengenai tutorial setting email di Android ini terinspirasi dari sepupu saya yang baru saja belajar untuk mengetahui lebih dalam mengenai ngeblog. Karena dia baru saja membuat sebuah blog menggunakan self hosting, bukan menggunakan email Gmail atau Yahoo lho ya. Ini bertujuan agar mempermudah anda bila ingin mendapatkan informasi mengenai email yang berasal dari halaman kontak pada blognya. Berhubung saya rasa cukup bermanfaat dan cara settingnya tidak berbeda, saya berikan tutorial setting email di Android ini beserta screen shoot-nya secara lengkap.

Tutorial lengkap setting email POP3 / SMTP di smartphone Android

Ok, langkah pertama adalah pastikan bahwa anda telah membuat email di self host, atau bila sudah punya, pastikan anda mengetahui alamat email dan passwordnya dengan benar. Bila dipastikan sudah, sekarang kita langsung melakukan set up di Android anda.

1. Silahkan buka menu Email dari Android, lalu pilih menu setting / pengaturan. Setelah itu buat akun dengan cara mengklik add. Kemudian anda akan menuju ke halaman penyedia email yang akan anda gunakan. Karena kali ini topiknya adalah POP3 / SMTP, maka pilih menu POP3 / SMTP.

Setting email di android 1
Langkah 1

2. Kemudian anda akan menuju ke halaman account configuration. Silahkan isi alamat email anda dan passwordnya, lalu klik next. Selanjutnya pilih POP3.

Setting email di android 2
Langkah 2

3. Anda akan menuju ke halaman account configuration kedua yang membutuhkan informasi lebih detail lagi. Mulai dari kolom alamat email, nama pengguna, password, server POP3, port, keamanan, dan pastikan secara keseluruhan anda mengisinya dengan benar. Silahkan isi alamat email anda yang akan digunakan, nama pengguna (nama yang akan tampil saat berkirim pesan), password, server POP3 (isi dengan mail.domainanda.com), port (pilih default / 110), keamanan (none), kemudian delete email server (pilih tidak bila anda ingin menyimpan email masuk yang ada pada server). Setelah itu klik next.

Setting email di android 3
Langkah 3

4. Kemudian anda akan masuk ke halaman account configuration selanjutnya. Pada kolom port isi dengan 587, lalu klik next.

Setting email di android 4
Langkah 4

5. Pada account set up adalah tinggal memilih fitur yang terdapat pada halaman sesuai dengan kebutuhan. Seperti pengaturan frekuensi pemeriksaan kotak masuk, melakukan pengiriman email secara default menggunakan email tersebut, dan sinkronisasi email pada smartphone anda. Menu tersebut silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Setelah di isi semua kolom tersebut klik next.

Setting email di android 5
Langkah 5

6. Langkah terakhir adalah melakukan sign in. Silahkan pastikan kembali apakah alamat email dan nama yang akan ditampilkan saat mengirim pesan sudah benar. Lalu klik next.

Setting email di android 6
Langkah 6

Selesai. Setelah itu biarkan Android anda melakukan sinkronisasi beberapa saat. Sekarang email anda telah terhubung dengan Android, sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan pengecekan secara berkala melalui PC / laptop. Oh iya, untuk memastikannya apakah sudah bekerja dengan sempurna, anda bisa melakukan uji coba dengan cara mengirim pesan melalui email tersebut ke email lainnya, ataupun juga sebaliknya, yaitu melakukan uji coba kirim ke email tersebut dari email anda yang lainnya. Bila anda menerapkan ini untuk halaman kontak pada blog / website anda, anda dapat mencobanya dengan cara kirim pesan melalui form dari halaman kontak

Tambahan :

Bagaimana cara menghapus email POP3 / SMTP yang tersimpan di Android?

Suatu saat bila anda ingin menghapus akun email tersebut, cara tinggal masuk ke menu email, setting, pilih akun email tersebut / yang akan di hapus, dan klik remove account.

Baca juga : Cara setting Gmail 2-Step Verification

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*