Trik menghadapi Google Panda

Cara hadapi Google PandaBerhubung Google Panda lagi trend, kali ini saya coba beberkan bagaimana menghadapi Google Panda ala saya. Apa itu Google Panda, secara sederhana Google Panda adalah sistim alogaritma terbaru Google untuk memberikan serta mengarahkan hasil kepada website berkualitas. Kemudian efek dari Panda tersebut adalah meng-kick website yang Google rasa memang kurang berkualitas. Memang banyak sekali yang mengalami penurunan drastis, bahkan kehilangan halaman di Google. Untuk lebih lengkapnya, silahkan di search aja. Tetapi secara sederhananya, itulah anggapan tentang Google Panda menurut saya.

Penurunan ataupun kehilangan page di Google menjadi masalah yang cukup pelik. Kenapa? Karena memang pada dasarnya google search memberikan kontribusi utama terhadap para visitor yang berkunjung ke blog/website kita. Seperti blog saya ini, nggak jelas apa alasannya, tiba-tiba banyak halaman blog ini yang deindex dan juga kalaupun ada yang ke index, excerpt-nya hilang, yang ada di Google hanya berupa link destination saja. Padahal, saya tidak ada melakukan apa-apa yang rasanya membuat Panda jantan jealousy sama setiap ocehan-ocehan saya. Dan selain itu, padahal semua content di blog ini manual dan saya coba untuk di buat seunik mungkin. I don’t know why

Tanpa perpanjang masalah, berikut cara sederhana menghadapi Google Panda yang saya terapkan. Manjur apa nggak, belum jelas lho ya. Namun seminggu lebih terpuruk, dan sekarang baru mulai menunjukkan adanya penampakan dari hasilnya.

– Tetap fokus untuk update blog anda secara berkala. Yah, sekalipun traffic mengalami penurunan, itu bukanlah alasan untuk tetap membuat Googlebot tersenyum pada ketika dia berkunjung. Dengan adanya postingan baru, saya menganggap sunggingan Google tersebut dapat diperhitungkan untuk menormalkan keadaan. Yaah, saya anggap minimal Google melihat konsistensi kita kali ya.

– Periksa kembali plugin yang rasanya sangat berkontribusi untuk menjadikan setiap halaman anda nangkring pada posisi strategis di mesin pencari Google, saya tidak mengetahui secara pasti macam-macam plugin SEO. Namun intinya, jika anda menggunakan SEO plugin yang (menurut anda) powerful, cobalah untuk sedikit di ubah settingannya agar Panda menjadi sedikit lebih jinak.

– Perbaiki robots.txt. Ini nggak tahu juga sih apakah benar-benar mempengaruhi atau tidak. Namun ketika saya mengalami kejadian ini, saya inisiatif untuk merubah robots.txt menjadi default. Karena sebelumnya saya menggunakan robots.txt yang ribet kali ya.

– Cek kembali dan pastikan apakah ada crawl errors pada blog anda, jika ada segera perbaiki atau hapus halaman dari Google Webmaster Tools.

– Berdoa, tetap optimis dengan penuh pengharapan, dan “Stay survive to facing search engine war”  Karena meskipun kerasnya persaingan di search engine kadang bikin frustasi, visitor lah yang menentukan, blog anda bagus, bermanfaat, berkualitas, standard aja, atau memang benar-benar sampah. Apapun hasilnya, saya memiliki sebuah keyakinan bahwa SEO minded konsistensi akan mengalahkan apapun yang pernah menghadang (atau bahkan membunuh) anda.

Cuma itu sih trik yang saya dapatkan trus saya rangkum dari googling kesana kemari, dan diatas adalah pengaplikasiannya. Jika anda makin bingung dengan penjelasan sederhana saya di atas, M.A.K.L.U.Mi aja, wong saya cuma nubi yang lagi eskperimen untuk terlepas dari Panda dan ingin sedikit berbagi pengalaman.

Keep blogging.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

2 Comments on Trik menghadapi Google Panda

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*