Trik menemukan ponsel yang hilang menggunakan fitur Google Security

Cara menemukan ponsel yang hilang melalui google
Langkah 2

Cukup rasional jika Google dikatakan sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini, karena dengan beragam fasilitas yang diberikan secara cuma-cuma maupun yang berbayar sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Mulai dari Gmail, Google Search, Google Maps, Google Play, Google Drive, Google Photos, Video Sharing / Youtube, Google Plus, dan ada beberapa lagi fitur lainnya dan saya yakin Google akan terus mengembangkan lini produk bermanfaat lainnya.

Selain hal di atas, menurut saya pribadi Google juga memiliki fitur yang mungkin anda belum ketahui manfaatnya. Postingan ini terinspirasi karena saya tidak tahu dimana keberadaan handphone Android saya. Maklum, saya sebagai Ayah yang memiliki balita dan cukup aktif. Akhirnya, Android saya seringkali menjadi mainan yang sangat menarik kalau anak saya melihat hp saya lagi nganggur. Ujung-ujungnya, anak saya ketiduran dan saya cari-cari handphone saya tidak ketemu. Nggak tega untuk membangunkan si kecil hanya untuk menanyakan dimana diletakkan handphone saya, akhirnya saya ingat salah satu fitur Google mengenai hal ini. Jadi, terbitlah menjadi sebuah eksperimen untuk melakukan uji coba.

Kesimpulannya mengenai ponsel saya, alhamdulillah ternyata ponsel saya posisinya terjepit di bawah kasur tepat di bawah bantal si kecil dan kondisinya baik-baik saja. Haduh.., udah bingung dari tadi nyariin, alhamdulillah ketemu.

Silahkan baca juga artikel : Keunggulan hp jadul yang tidak dimiliki Android

Nah, jika anda mengalami hal yang sama seperti saya, baik itu lupa meletakkan atau mungkin hilang, anda bisa memanfaatkan fitur Google Security yang satu ini. Tapi ingat ya, syaratnya adalah email Gmail anda telah terverifikasi menggunakan no ponsel yang anda gunakan saat ini. Atau sebaiknya anda juga telah terkoneksi dengan Gmail 2 Step Verification untuk mempermudah anda dalam memanfaatkan fitur ini.

Ok, kalau ponsel anda lupa meletakkannya atau hilang, berikut tutorial lengkap cara menemukan ponsel Android yang hilang menggunakan fitur Google Security.

1. Silahkan login ke akun Gmail anda, setelah itu pilih menu My Account. Posisinya ada di sebelah kanan atas, atau jika bingung silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara menemukan ponsel yang hilang melalui google
Langkah 1

2. Setelah itu anda akan menuju ke halaman My Account, dan anda bisa melihat beberapa fitur yang ada disana. Scroll mouse anda ke arah bagian bawah, dan pilih menu ‘temukan ponsel anda’. Contohnya seperti gambar di bawah ini yang telah saya berikan kotak berwarna merah.

Cara menemukan ponsel yang hilang melalui google

3. Nah, sekarang anda akan menuju ke halaman perangkat / ponsel anda yang telah terkoneksi dengan akun Google anda. Disana akan terlihat ponsel yang anda gunakan dan kapan terakhir kali ponsel tersebut online. Sekarang klik pada bagian ponsel. Contohnya seperti gambar di bawah yang telah saya berikan kotak berwarna merah.

Cara menemukan ponsel yang hilang melalui google
Langkah 3

4. Lalu anda akan menuju ke halaman 2 option yang bisa di pilih, ‘menderingkan’ atau ‘cari’. Silahkan anda pilih salah satunya yang menurut anda sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika anda lupa meletakkan ponsel anda, sebaiknya anda memilih deringkan. Tetapi jika ponsel anda hilang, silahkan pilih menu ‘cari’.

Cara menemukan ponsel yang hilang melalui google
Langkah 4

Catatan :

– Bila anda pilih menderingkan, maka fitur dari Google Security ini akan menghubungi ponsel anda dengan cara menderingkan telefon (tanpa terdeteksi siapa sebenarnya yang menghubungi).

– Bila anda pilih cari, maka fitur dari Google Security ini akan memberikan data-data yang telah terkoneksi secara langsung melalui fitur Google Maps dan anda dapat memanfaatkan hak akses untuk mengunci semua akun yang terhubung di Android anda.

Selain fitur tersebut, disana anda juga dapat menemukan fitur lainnya yang sangat bermanfaat sekali, terutama bagi anda yang ponsel Androidnya hilang. Tapi cara di atas rasanya sudah cukup untuk memberikan sejumlah petunjuk dan proteksi akun anda yang tersinkronisasi pada Android anda bila saat ini memang sedang berada di tangan yang tidak tepat.

Itu cara menemukan Android yang hilang dengan Google Security. Meskipun saya pernah mengabaikan fitur ini, tetapi saya merasakan manfaatnya saat ini, mungkin juga anda. Terutama dalam situasi seperti yang saya jelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Tutorial setting email di Android

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*