Tips sehat saat begadang

Tips sehat saat begadang
Tips sehat saat begadang

Karena faktor tuntutan, kesibukan, atau pekerjaan yang harus diselesaikan, begadang menjadi sebuah hal yang menyebalkan. Terutama bagi anda yang tidak biasa begadang. Tapi sebaliknya, jika anda telah terbiasa begadang saat malam hari dan keesokan harinya harus beraktivitas kembali, maka kebiasaan tersebut telah membentuk sebuah pola terhadap tubuh yang telah menyesuaikan dengan aktivitas tersebut. Apalagi sekarang ini, ketika hampir setiap perbincangan yang menjadi topik adalah Piala Dunia, bagi penggemar sepak bola mau tidak mau harus begadang demi menyaksikan tim kesayangannya saat bertanding yang disiarkan di tv pada malam hari, dan bahkan dini hari.

So, berikut beberapa tips saat begadang

1. Konsumsi makanan ringan

Makanan ringan seringkali di konsumsi saat begadang sebagai cemilan dan sebagai satu cara untuk mengusir rasa kantuk. Meskipun begitu, hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau gula. Anda bisa menjadikan buah-buahan atau sayuran sebagai cemilan sehat saat begadang.

2. Konsumsi minuman berkafein

Kopi adalah salah satu jenis minuman mengandung kafein yang paling banyak di minum ketika begadang sebagai cara untuk mengantisipasi atau mengusir rasa kantuk. Selain kopi, biasanya banyak juga orang-orang yang mengkonsumsi minuman berenergi. Efek dari kafein yang terkandung diharapkan dapat menghilangkan rasa kantuk saat begadang. Namun meskipun demikian, sebenarnya efek tersebut hanyalah bersifat sementara atau memanipulasi sistim organ tubuh untuk dapat tetap fit dengan mata yang tetap terjaga.

3. Lakukan aktivitas fisik

Di saat rasa kantuk sudah benar-benar tidak bisa di ajak kompromi, jangan biarkan tubuh anda hanya duduk, posisi tidur, atau hanya diam. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang bersifat melancarkan peredaran darah. Misalnya seperti jalan-jalan kecil, push up, atau olah raga yang bersifat ringan. Dengan begitu rasa ngantuk yang mendera akan menghilang karena efek dari aktivitas fisik yang telah anda lakukan.

4. Istirahat saat siang

Jika semalam anda begadang, pasti anda akan merasakan kantuk keesokan atau pada saat siang harinya. Jika ada waktu istirahat, luangkanlah waktu untuk tidur yang bertujuan agar mata anda dapat beristirahat dan kembali segar ketika anda kembali melakukan rutinitas.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*