Tips sehat buka puasa

Bagi anda yang menjalankan ibadah puasa, ketika waktu telah menunjukkan saatnya untuk berbuka puasa adalah waktu yang sangat di tunggu-tunggu. Kurang lebih 14 jam kita menahan haus dan lapar, dan harus di sadari bahwa hal tersebut adalah suatu kewajiban bagi umat muslim untuk melakukan puasa. Namun ketika waktunya buka puasa telah tiba, tak jarang diantara kita yang terlupa untuk menyantap makanan ataupun minuman tanpa memahami bagaimana kondisi tubuh kita setelah berpuasa untuk menahan haus dan lapar.

Bagi penderita maag, menurut saya ketika waktunya berbuka puasa adalah saat-saat dimana penyakit maag dapat terpicu, sehingga ketika seharusnya anda menikmati indahnya saat berbuka puasa, tetapi justru anda harus menahan perut yang serasa di lilit. Oks, bagi anda yang menderita sakit maag, berikut adalah tips sehat buka puasa ala saya :

– Awali dengan minum air putih.

Meskipun berbuka puasa dianjurkan untuk minum yang manis-manis, tetapi nggak ada salahnya anda untuk mencoba untuk mengawali berbuka dengan minum air putih sebagai pelepas dahaga setelah menahan haus dalam berpuasa.

– Hindari es / minuman pembuka yang terlalu dingin.

Setelah melepas puasa dengan air putih, jika anda telah menyiapkan minuman pembuka, sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin. Hal ingin mengingat bahwa minuman pembuka yang terlalu dingin dapat secara tiba-tiba merubah suhu tubuh kita menjadi tidak stabil.

– Berikan waktu jeda sebelum anda makan.

Rasa haus sudah hilang, sebaiknya jangan langsung makan. Ada baiknya anda memberikan waktu sesaat untuk lambung anda menyesuaikan terhadap minuman yang sudah anda konsumsi. Ya.., mungkin anda bisa sholat maghrib dulu, kemudian baru makan.

Kemudian, silahkan anda santap hidangan yang telah tersedia. Dan yang terpenting, kontrol emosi. Jangan sampai anda makan terlalu kenyang, untuk menghindari perut melilit karena kaget, dan juga untuk menghindari agar anda tetap bisa beraktivitas secara leluasa.

Itulah tips buka puasa untuk penderita maag versi saya. Semoga membantu, dan juga, semoga amal ibadah puasa kita diterima olehNya sehingga menjadikan kita sebagai orang yang menang setelah Ramadhan ini. Amin…

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

2 Comments on Tips sehat buka puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*