Tips sederhana untuk mempertajam daya ingat

Tips sederhana mempertajam daya ingatDaya ingat akan berkurang seiring bertambahnya usia. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak tertutup kemungkinan bahwa usia muda akan memiliki daya ingat yang kuat. Pelupa atau kepikunan ternyata juga bisa menyerang siapapun meski usia masih tergolong muda. Seperti pengalaman saya, panik mencari kunci motor waktu buru-buru berangkat kerja, ternyata sebenarnya kunci motornya ada di tangah saya. Weh, pengalaman tersebut entah termasuk kepikunan, pelupa, atau emang saya yang blo’on. Ahahah, lucu kalau ingat kejadian itu.

Daripada panjang lebar, buat kamu yang merasa sudah mulai agak pelupa, atau sedang menghindari bagaimana caranya agar tidak pelupa, berikut tips mempertajam daya ingat yang bisa kamu coba.

– Melakukan senam otak

Otak sebenarnya mirip seperti otot, dimana otak juga perlu di latih secara berkelanjutan. Dengan membuat sebuah tantangan atau berupa tebak-tebakan untuk diri sendiri ternyata bisa menjadi sebuah cara untuk mengasah daya ingat. Misalnya seperti menebak judul lagu-lagu yang berkategori lawas, mengingat hal indah sewaktu masih kecil, atau bisa juga mengingat-ingat barang apa saja yang kamu letakkan di dalam laci lemari kamu. Atau bisa juga bermain asah otak seperti mengisi teka teki silang.

– Jangan malas berfikir

Kamu pasti pernah mengalami keadaan seperti dejavu, merasa lupa terhadap suatu hal atau jawaban yang harus diungkapkan. Dalam kondisi tersebut, jangan terbawa suasana. Karena rasa panik, kesal, atau bahkan stress bisa saja terjadi saat itu. Apalagi jika yang terlupa dari ingatan kamu adalah suatu hal yang harus benar-benar di jawab. Tenangkan diri sejenak dan arahkan pikiran kamu dari awal topik atau yang berhubungan dengan jawabannya. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu telah melatih untuk bisa cepat dalam mengingat hal penting yang terlupakan.

– Mencoba mengingat masa lalu

Melatih otak untuk mengingat hal-hal yang telah terlewatkan juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat. Misalnya seperti mengingat masa-masa indah saat kecil.

– Luangkan waktu untuk santai

Selain faktor usia, tekanan serta stress juga akan mempengaruhi kinerja otak sulit untuk berkonsentrasi. Sebagai suatu cara untuk melakukan penyegaran untuk otak, kamu bisa beristirahat sejenak untuk bersantai sambil melakukan aktivitas mendengarkan musik, baca buku, main game, dan sebagainya untuk me-refresh kinerja otak.

– Konsumsi makanan bergizi

Banyak jenis makanan dapat memberikan efek positif terhadap daya ingat. Seperti minyak ikan, makanan yang kaya akan asam folat, seperti pisang, brokoli, dan kacang polong. Kemudian bahan makanan yang berwarna merah dan ungu, seperti buah bit, bawang merah, dan blueberry.

– Banyak minum air putih

Banyak sekali manfaat air putih, salah satunya adalah untuk memaksimalkan seluruh kinerja dalam tubuh akan lebih baik. Termasuk juga fungsi otak. Minumlah air putih minimal enam gelas setiap harinya.

– Olahraga

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, olahraga juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi daya ingat. Cobalah untuk melakukan olahraga yang merangsang sirkulasi darah untuk melakukan perbaikan. Misalnya seperti jogging atau aerobik. Karena lancarnya sirkulasi darah akan meningkatkan produksi oksigen ke otak yang dapat mempertajam otak untuk memiliki kemampuan berfikir yang maksimal.

– Istirahat yang cukup

Tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan regenerasi pada sel tubuh, termasuk otak. Maka dari itu, usahakanlah kamu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat / tidur sebelum melakukan aktivitas keesokan harinya.

Source picture : brainfacts

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*