Tips Nge-blog agar menjadi lebih fokus

Tips Nge-blog agar menjadi lebih fokusTerkadang ada waktunya aktivitas ngeblog menjadi rutinitas yang membosankan. Mungkin awalnya ngeblog hanya karena iseng, hobi menulis, ingin mendokumentasikan aktivtas tertentu ke dalam media tulisan atau gambar secara online, atau.. tidak tertutup kemungkinan ingin membuktikan bahwa siapapun sebenarnya bisa cari uang dari blog. Banyak alasan memang kalau dipertanyakan “Kenapa anda ngeblog?”.

Postingan ini menurut saya menarik, karena saya sendiri sedang mengalaminya. Sudah beberapa tahun terakhir saya justru meninggalkan aktivitas ngeblog karena pekerjaan offline. Karena beberapa aktivitas tersebut, bisa saja anda menjadi kelelahan, kurangnya manajemen waktu untuk update blog, malas update blog, dan banyak alasan lainnya yang menjadi blog anda tidak pernah lagi terupdate hingga akhirnya tenggelam dari mesin pencari. Dan pada suatu ketika, tiba-tiba anda kangen ngeblog dan ingin kembali melanjutkan aktivitas ngeblog. Masih karena alasan yang berbeda, mungkin karena iseng, menyalurkan hobi, atau sekarang sudah saatnya fokus cari uang online. Yup, anda akan dihadapkan kepada dua pilihan. Bekerja offline atau memilih untuk membangun blog yang pernah anda kelola beberapa waktu lalu hingga blog tersebut menjadi profitable untuk anda.

Berikut tips ngeblog agar menjadi lebih fokus:

1. Tetapkan pilihan sekarang, pilih yang mana?

Jika anda sibuk dengan aktivitas yang menuntut anda untuk terlibat, baik itu secara organisasi atau individu, atau bahkan karena faktor pekerjaan, itu bisa mengganggu waktu anda untuk ngeblog. Meskipun anda bisa menyiasatinya dengan cara memberikan waktu yang minim untuk ngeblog, itu bisa saja. Mungkin anda pernah dengar, “Bekerja setengah-setengah, maka anda akan mendapatkannya setengah, atau mungkin tidak sampai setengahnya. Tetapi jika anda bekerja secara penuh, anda akan mendapatkannya sesuai dengan apa yang anda kerjakan, minimal lebih dari 50 persennya”. Tidak sesederhana itu memang. Tapi itulah salah satu cara untuk memotivasi anda sebagai salah satu tips ngeblog yang bisa diterapkan. Tentukanlah yang akan di pilih, bukan pilihlah yang akan di tingalkan. Insya Allah anda akan ter-sugesti secara sendirinya. So, buatlah satu langkah kecil untuk ke depannya.

2. Ingatlah apa yang telah anda capai, dan lihatlah ke atas!

Mungkin anda pernah ngeblog selama beberapa bulan, ternyata itu mendapatkan penghasilan meskipun tidak seberapa. Atau anda pernah membandingkan dengan orang lain yang pernah mencobanya sama seperti anda, ternyata anda terlihat sedikit lebih unggul darinya. Atau mungkin anda juga memiliki hubungan dengan blogger lainnya, itu justru bagus. Berbanding terbalik terhadap prinsip kehidupan, dimana harus melihat ke bawah agar selalu dipenuhi rasa bersyukur. Tetapi kali ini anda harus melihat ke atas agar anda lebih termotivasi bisa seperti mereka, atau bahkan melebihi mereka.

Ibaratkan di hadapan anda ada sebuah gunung, anda bisa melihat sendiri anda telah berada di posisi mana. Dengan begitu anda menyadari bahwa sebenarnya anda telah melewati sebuah jurang yang sangat terjal, dan kembali melanjutkan perjalanan menuju puncak.

3. Membuat Goal jangka pendek

Banyak blogger yang memutuskan untuk berhenti bekerja dan memutuskan untuk menjadi full time sebagai blogger. Tapi, apa yang akan harapkan dari blog anda dalam waktu 3 bulan ke depan?

Misalnya :
Anda membuat sebuah blog, 3 bulan ke depan sudah tercapai target sebesar 5000 pengunjung perhari, dan akhirnya menciptakan $10/hari. Dan 6 bulan ke depan anda telah memiliki 20000 pengunjung per hari, dan mendapatkan pendapatan minimal $25/hari. Well, mimpi adalah sebuah mimpi. Tapi kalau anda mencoba optimis sambil berusaha melakukannya secara cerdas (ibadah juga jangan lupa), yakinlah bahwa Dia akan menunjukkan insting yang harus anda lakukan.

4. Menjalin hubungan dengan Blogger lainnya

Seperti yang pernah saya share disini mengenai hal yang bikin semangat ngeblog. Menjalin pertemanan dengan blogger lainnya akan memberikan anda sebuah pembelajaran yang lebih terarah. Why? Karena ketika anda terlibat pembicaraan dengannya, setidaknya anda telah memberikan tentang apa yang anda ketahui, dan mendapatkan apa yang anda ketahui. Saya sangat yakin bahwa untuk mencapai sebuah keberhasilan itu tidak bisa sendiri, tetapi di balik itu akan ada bantuan atau peran serta dari orang lain.

Baca juga : Cara mencari ide untuk update blog

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Tips Nge-blog agar menjadi lebih fokus

  1. Yang nomor 2 mantap sekali gan tipsnya..

    Selain penghasilan, manfaat yang didapat dari aktivitas ngeblog itu masih banyak gan, salah duanya adalah kemampuan berfikir dan menulis kita yang meningkat..

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips Agar Ngeblog Tetap Semangat | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*