Tips Mudik pakai motor dengan aman & nyaman

Tips mudik pakai motor dengan aman dan nyaman
Tips Mudik dengan motor

Penghujung bulan Ramadhan menjadi Hari Kemenangan bagi semua umat Islam, terutama bagi yang menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan. Dan sudah menjadi tradisi, menjelang Idul Fitri biasanya banyak masyarakat yang akan bersilaturahmi, melepas rindu, berkumpul bersama di tengah-tengah keluarga ataupun sanak saudara pada moment yang fitri.

Yang menjadi permasalahan adalah, biasanya tidak semua orang akan melakukan mudik alias Pulang Kampung dengan menggunakan transportasi yang sesuai. Justru faktanya, meskipun mengetahui bahwa sepeda motor bukanlah kendaraan yang tepat untuk menempuh jarak yang cukup jauh, tetapi motor tetap menjadi favorit yang digunakan sebagai transportasi ke kampung halaman. Yah, whatever-lah. Banyak alasan Mudik pakai motor. Keterbatasan dana, lebih cepat sampai, perlu kendaraan operasional ketika di kampung halaman, suka touring, kepuasan batin, dan masih banyak alasan lainnya kenapa motor menjadi kendaraan favorit untuk mudik.

Nah, buat kamu yang kebetulan mau mudik menggunakan motor, ini ada beberapa tips yang harus kamu lakukan,

Sebelum berangkat mudik, jangan lupa untuk :

1. Periksa kembali kondisi motor kamu. Sebaiknya, lakukan service untuk mendapatkan performa yang maksimal saat perjalanan. Kemudian pastikan kondisi motor kamu benar-benar fit. Seperti rem, lampu, kondisi ban, dsb.

2. Jangan lupa untuk membawa tool untuk sekedar berjaga-jaga siapa tahu dalam perjalanan ada kendala dan kamu membutuhkan tool tersebut. Contoh tool yang bersifat umumnya adalah seperti tang, obeng, kunci busi, dan kunci yang paling sering / umum untuk digunakan pada motor kamu.

3. Kemudian, untuk mengantisipasi keadaan cuaca yang tidak bisa diprediksi. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kelengkapan untuk menghadapinya. Jacket, sarung tangan, helm yang memenuhi standar, serta jas hujan.

4. Terakhir, pastikan untuk membawa kelengkapan surat-surat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Menurut saya, kamu akan lebih nyaman dan aman jika kamu membawa kelengkapan surat-surat. Di jamin..

5. Dan sebagai tips tambahan sebelum kamu berangkat jalan jauh pakai motor, ada baiknya jika kamu mencoba mencari informasi mengenai kondisi atau keadaan jalanan yang akan kamu tempuh. Mungkin cari info dari teman-teman, atau bisa juga dari media cetak atau internet.

Dalam perjalanan mudik, sebaiknya kamu :

1. Selain kondisi motor, pastikan juga kondisi badan kamu dalam keadaan yang fit. Jangan memaksakan diri jika kamu merasa kurang fit.

2. Sangat di sarankan kamu tidak sendirian. Mungkin bisa bersama teman atau konvoi. Karena jika seandainya terjadi apa-apa dalam perjalanan, kamu tidak sendiri dalam menyelesaikan masalah tersebut.

3. Jangan membawa barang dengan jumlah yang berlebihan. Karena selain untuk meminimalkan yang tidak diinginkan dalam perjalanan, hal ini juga dapat mempermudah kamu melakukan manuver selama perjalanan.

4. Cobalah untuk menjadi pengendara yang baik dan tertib. Jangan kebut-kebutan, patuhi rambu-rambu lalu lintas, berkendara dengan penuh perhitungan, dan masih banyak aspek lainnya yang berhubungan dengan keamanan kamu sendiri dalam perjalanan.

5. Jangan lupa untuk memperhatikan ketersediaan bensin pada motor kamu. Jika menemukan SPBU dan ternyata bensin dalam motor kamu tinggal seperempat, sebaiknya isi bensin kembali.

6. Ketika kamu sudah merasa lelah atau ngantuk, jangan paksakan untuk meneruskan perjalanan. Cari tempat yang nyaman dan aman untuk segera beristirahat. Demi keamanan, sebaiknya istirahatlah jika kamu telah menempuh 4 jam perjalanan. Selain untuk mempertimbangan performa mesin motor kamu, juga untuk keamanan dan keselamatan selama perjalanan. Dan selama istirahat, pastikan kamu parkir motor di tempat yang aman.

Itulah dia tips mudik menggunakan motor. Sekali lagi sekedar mengingatkan, mudik menggunakan sepeda motor sangatlah tidak dianjurkan. Apalagi jika jarak yang harus di tempuh cukup jauh. Karena mudik menggunakan motor berpotensi terjadinya kecelakaan. Tapi bagi kamu yang tetap keukeuh mau mudik pakai motor, jangan lupa untuk safety riding ya. Semoga selamat sampai tujuan dan kembali lagi ke domisili kamu saat ini.

Sumber gambar : kabar24

Share and Enjoy

About Andy Febrian 529 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*