Tips mudik nyaman dan aman menggunakan bus

tips mudik pakai bus
Image source : nahkodawisata.com

Berkumpul bersama-sama keluarga di kampung halaman menjadi salah satu momen yang paling dinantikan. Karena ketika kita berada di tengah-tengah mereka, semua perasaan akan bersatu dengan sebuah kata yang tidak bisa di beli, bahkan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Kebahagiaan yang dirasakan saat bertemu keluarga saat mudik menjadikan para perantau selalu menjadikannya suatu kebudayaan, terutama saat Idul Fitri.

Banyak transportasi yang bisa anda pilih untuk mudik. Mulai dari pesawat, laut, hingga darat. Tetapi bagi anda yang ingin menekan budget agar sedikit lebih hemat, biasanya alternatif transportasi yang digunakan adalah bus. Walaupun bagi yang memiliki jarak tempuh cukup jauh adalah sangat melelahkan, namun anda bisa menyiasatinya dengan beberapa tips di bawah ini.

Bila anda pulang menggunakan mobil, silahkan baca tips mudik menggunakan mobil.

Tips mudik aman dan nyaman dengan bus

1. Pesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan

Sebaiknya anda sudah memastikan tanggal keberangkatan anda untuk mudik, kemudian pesanlah tiketnya jauh-jauh hari. Ini bertujuan agar anda tidak kehabisan tiket, selain itu juga mendekati momen lebaran biasanya harga tiket akan melambung tinggi. Baik itu karena tuslah, ataupun memang pihak penjual tiket harus menyesuaikan kenaikan harga yang disebabkan tingginya permintaan.

Saat saya masih kuliah, hal yang paling sering terjadi adalah saya justru selalu mendapatkan tiket yang belum jelas, alias saya sebenarnya sudah membeli tiket tetapi saya belum diberikan kejelasan mengenai bangku yang akan saya tempati. Selain itu juga harganya akan jauh lebih mahal. Maklum, momen menjelang lebaran seringkali dimanfaatkan oleh pihak yang ingin mencari keuntungan semata tanpa memikirkan kebutuhan banyak orang saat itu.

2. Pastikan membelinya di pool / agen bus

Setiap bus antar kota maupun antar provinsi pasti memiliki cabang agen di berbagai tempat. Pastikan anda membelinya langsung di loketnya tanpa menggunakan orang perantara (calo). Dengan membeli tiket langsung di loket, anda akan mendapatkan harga resmi dan juga mendapatkan keterjaminan mengenai ketersediaan tempat duduk.

3. Melakukan konfirmasi keberangkatan

Banyak orang yang seringkali mengabaikan hal ini. Tahukah anda bahwa dengan melakukan konfirmasi sehari atau dua hari sebelum keberangkatan akan memberikan anda sebuah titik aman. Dalam arti kata, kursi anda tidak akan disabotase oleh penumpang lain, kemudian nama anda juga telah ditandai sebagai penumpang yang memang dipastikan keberangkatannya sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket yang telah di beli.

4. Berangkatlah dari pool

Bila memungkinkan, sebaiknya anda berangkat dari pool atau agen bus yang anda gunakan. Karena anda akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik, dapat memiliki waktu yang lebih renggang, kemudian yang terpenting satu lagi bila anda berangkat dari pool adalah anda akan mendapatkan keamanan yang lebih baik.

5. Hindari menyimpan barang berharga di bagasi

Dari rumah sebelum keberangkatan sebaiknya anda telah memisahkan antara barang berharga dan barang lainnya yang bersifat bawaan. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menyebabkan kerugian yang disebabkan karena rusak atau hilang. Apalagi saat lebaran biasanya bagasi bus akan terisi penuh dengan barang penumpang lainnya yang sebagian besar diantara mereka membawa barang dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, jangan lupa pisahkan antara barang berharga dengan barang bawaan yang akan diletakkan di bagasi ya.

6. Siapkan receh, makanan dan minuman

Selama perjalanan anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, salah satunya adalah ketika terdapat pengamen, atau mungkin perut anda mulai kosong saat perjalanan. Dengan mempersiapkan uang recehan, makanan dan minuman, anda telah mempersiapkan bekal yang akan sangat membantu anda selama perjalanan. Selain itu adalah ini untuk lebih menghemat uang anda karena biasanya harga makanan atau minuman yang di jual diperjalanan akan lebih mahal bila dibandingkan anda membelinya di warung atau minimarket.

7. Saat beristirahat, jangan lupa bawa barang anda

Saat bus berhenti di poin tempat istirahat atau rest area, bila anda ingin turun pastikan untuk membawa barang anda. Ini untuk menghindari agar barang anda tetap dalam kondisi yang aman.

8. Jangan lupa berdoa

Sebelum berangkat atau duduk di kursi anda, pastikan untuk tidak lupa berdoa. Karena doa adalah sebaik-baiknya benteng yang ada di dunia ini. Kemudian dengan berdoa anda akan merasa nyaman dan aman saat menempuh perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.

Itulah dia tips mudik menggunakan bus yang bisa anda aplikasikan. Semoga perjalanan anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Tips aman mudik pakai motor

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*