Tips merawat kaos kesayangan

Saat ini tshirt atau kaos bukan hanya sebagai barang fashion yang bersifat optional, tetapi kaos merupakan suatu pakaian yang sudah di kategorikan wajib untuk dimiliki oleh siapapun. Buktinya, kamu bisa melihat sendiri bahwa setiap orang pasti punya kaos. Terbuat menggunakan bahan katun, sehingga terasa dingin, menyerap keringat, dan juga nyaman. Karena alasan tersebut kaos menjadi pakaian favorit untuk di pakai.

Ketika kaos favorit atau kesayangan kamu sering di pakai, biasa akan timbul permasalahan. Secara umumnya seperti melar, pudar, atau sablon terkelupas (jika terdapat sablonan). Itu adalah hal yang wajar, karena setiap kaos memiliki spesifikasi dan kualitas yang berbeda yang akan menentukan keawetan kaos itu sendiri seperti yang pernah saya share mengenai tips membeli kaos online. Tapi itu tidak berlaku dan sebenarnya bisa diantisipasi jika kamu merawat kaos kesayangan kamu dengan cara yang baik dan benar.

Maka dari itu, berikut cara merawat kaos agar tahan lama :

– Pisahkan saat pencucian

Pisahkan kaos kamu ketika ingin di cuci. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada pakaian lain yang luntur pada saat pencucian dan nodanya akan menempel pada kaos kamu. Sedangkan kaos yang berwarna putih, usahakan untuk tidak digabungkan dengan pakaian putih lainnya yang kotor agar noda kotoran tersebut tidak menempel pada kaos kamu.

– Jangan di rendam terlalu lama

Untuk kaos yang pertama kali baru di cuci, jangan di rendam lebih dari 30 menit. Kemudian jangan merendamnya menggunakan deterjen ataupun pemutih yang berlebihan, karena akibat dari penggunaan deterjen yang berlebihan untuk merendam kaos dapat membuat lapisan sablon yang menempel pada kaos cepat terkelupas atau rusak.

– Mencuci secara manual

Mencuci secara manual merupakan salah satu tips yang cukup efektif untuk merawat kaos. Putaran mesin cuci pada saat proses pencucian yang berkelanjutan akan mengakibatkan bagian sisi kaos menjadi melar. Seperti bagian kerah, lengan, atau bagian bawah kaos. So, sebaiknya kamu mencucinya dengan cara manual, yaitu di sikat secara perlahan, terutama pada bagian yang benar-benar kotor. Jika kamu memang harus menggunakan mesin cuci, gunakanlah power yang paling rendah (low).

– Jemur dari sisi bagian dalam

Jangan lupa untuk menjemurnya dalam posisi di balik. Bagian dalam berada di luar. Ini untuk mencegah warna kaos agar tidak cepat pudar pada saat di jemur.

– Jemur tanpa menggunakan hanger

Hanger atau gantungan baju dapat menyebabkan bagian leher kaos menjadi melar. Belum lagi beban air yang masih tersisa pada kaos akan menjadikan kaos menanggung beban ketika menggunakan hanger. Tapi jemurlah kaos di atas tali atau kawat yang benar-benar bersih agar kotoran yang berada pada tali atau kawat tersebut tidak menempel dan akhirnya menjadi noda pada kaos kesayangan kamu.

– Setrika dalam kondisi kering

Pada saat menyetrika, pastikan kaos kamu benar-benar sudah kering. Karena menyetrika kaos yang masih lembab, akan menyebabkan bahan kaos menjadi cepat lapuk. Kemudian jika selain kaos berwarna putih, akan menjadikan warna kaos kamu menjadi pudar, dan kecokelatan (bule) jika kaos berwarna hitam. Ketika ingin setrika, jangan lupa untuk tidak menggunakan panas yang tinggi dan tidak menyetrika bagian sablonnya agar tidak cepat rusak.

– Segera cuci jika terkena noda

Bila kaos kamu terkena noda, segera bersihkan. Cuci pada bagian yang bernoda, oleskan deterjen tepat pada bagian yang terkena noda. Gosok dengan halus dan segera bilas dengan air bersih sampai noda / kotoran benar-benar hilang.

– Jangan di pakai untuk tidur

Pada saat tidur, tubuh secara tidak sadar akan bergerak tidak beraturan demi mendapatkan posisi yang nyaman. Nah, karena gerakan yang tidak beraturan itulah kaos akan cepat melar. Belum lagi tekanan yang diakibatkan oleh beban tubuh kamu, itu secara tidak langsung akan menjadikan kaos kamu berada melar. Selain itu, keringat yang di hasilkan oleh tubuh atau kotoran pada seprai dapat menempel dan akhirnya membuat kaos jadi kotor. Dan untuk cara merawat kaos agar awet, poin inilah sebenarnya yang sering diabaikan.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*