Tips menyiasati rasa jenuh agar ngeblog tetap eksis

Kiat menghindari rasa jenuh agar ngeblog tetap eksis

Seorang blogger biasanya akan identik dengan menulis, sebelum menulis anda harus menentukan apa yang akan di tulis. Untuk mendapatkan bahan tulisan akan membawa anda melanglang-buana ke berbagai blog atau media lainnya yang nantinya diharapkan dapat menjadi sebuah topik yang menarik untuk di tulis dan di posting pada blog.

Rutinitas tersebut jika dijalani secara overtime, tidak tertutup kemungkinan anda akan mengalami rasa stuck, bingung, bosan, atau pada intinya jenuh untuk membuat sebuah tulisan yang menarik, orisinil, dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca blog anda.

Ok, jujur, hal di atas beberapa kali saya alami. Sejak pertama kali ngeblog hingga saat ini, mungkin saya sudah tidak bisa menghitung lagi berapa jumlah kekalahan saya, atau mungkin lebih tepatnya stuck karena rasa jenuh sehingga blog menjadi terbengkalai, termasuk blog andifebrian.com ini. Bila anda termasuk ke dalam salah pembaca setia blog saya, atau mungkin sudah beberapa kali mengunjungi blog ini, mungkin saat ini banyak sekali perubahan. Mulai dari tagline, cara penulisan, template, hingga topik-topik yang berbeda-beda. Tapi sekali lagi jujur, sebenarnya itu adalah cara saya untuk terus memotivasi saya menjadi Full Time Blogger selain menjalani beberapa pekerjaan online saya lainnya.

Sekarang kita langsung ke intinya. Bila anda telah memutuskan menjadi seorang Blogger, apalagi sebagai full time blogger, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisa mengusir rasa jenuh dan eksis ngeblog.

Tips dan trik menyiasati rasa jenuh dan tetap eksis ngeblog :

1. Hindari bekerja secara overtime

Terkadang memaksakan diri bisa bersifat positif, apalagi dalam hal tertentu yang sifatnya untuk menjadikan diri lebih berkembang. Tetapi berbeda dengan ngeblog, karena anda akan dihadapkan dengan layar komputer serta ide-ide yang harus dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Jika dilakukan secara terus-menerus, rasa jenuh bisa saja datang kapanpun. Bahkan ketika anda ingin mempublish tulisan anda di blog.

Berikan variasi, jangan bekerja secara overtime. Bagaimana caranya, anda dapat menciptakannya sendiri. Mungkin itu duduk sebentar di teras, ngegame, ngobrol, jalan-jalan, dan masih banyak lagi yang bisa dikerjakan.

2. Menulis sesuai dengan hobi

Untuk mendapatkan tulisan yang menarik dan enak di baca, sebaiknya anda ikuti kesukaan atau hobi. Karena dengan begitu anda akan lebih mudah membuat sebuah tulisan yang terlihat mengalir, jelas dan tidak bertele-tele. Selain itu anda juga akan lebih mudah untuk menulis sesuai dengan gaya bahasa anda sendiri.

Ngeblog bukanlah hanya menulis, tetapi juga harus memiliki kejelasan dalam penyampaian setiap postingan yang anda terbitkan. Jika sesuai dengan hobi, maka akan mengerjakannya dengan semangat, tidak pernah bosan, dan yang terutama adalah tanpa beban.

Baca juga : 5 Alasan mengapa bekerja dengan passion itu lebih menyenangkan

3. Ciptakan kondisi senyaman mungkin

Berlama-lama di depan PC atau laptop membutuhkan sirkulasi udara yang baik, kemudian keadaan di sekitarnya juga akan mempengaruhi mood. Meskipun hanya menulis, tetapi dengan menciptakan kondisi yang nyaman maka anda telah membantu diri anda sendiri untuk bekerja secara maksimal. Baik itu mulai dari mencari bahan postingan blog, menulis, hingga menerbitkannya menjadi sebuah postingan.

4. Blogwalking

Mengunjungi blog tetangga adalah sebuah metode yang tepat untuk menjaga semangat ngeblog tetap terjaga. Apalagi jika anda mengunjungi blog tenar dengan bukti screenshot penghasilan mereka dari blog. Secara tidak langsung anda akan menyegarkan kembali rasa lelah atau bosan anda menjadi sebuah titik terang. Dengan blogwalking dan meninggalkan komentar, anda telah menjalin silaturahmi walaupun secara dunia maya.

5. Hindari bersikap money oriented

Dapat uang dari blog itu sah-sah saja, bahkan siapapun bisa mewujudkannya. Tetapi yang jadi permasalahan adalah prosesnya. Ketika anda berambisi dan berorientasi mendapatkan uang dari blog, sebaiknya buang jauh-jauh. Yang terpenting adalah, teruslah membuat tulisan menarik sebanyak-banyaknya, ciptakan rasa nyaman pada blog anda sehingga merasa betah berlama-lama, dan akan kembali esok hari untuk berkunjung.

Yang tidak boleh diabadikan adalah jangan pernah lupa untuk menulis, menulis, dan menulis hingga ribuan pengunjung akan singgah di blog anda. Karena cari uang dari blog yang tanpa pengunjung adalah hal yang mustahil.

6. Tetap fokus

Berikan diri anda sedikit waktu untuk merenung dan mengevaluasi kembali mengenai pencapaian yang telah di raih sejak pertama kali ngeblog hingga saat ini. Jika anda telah memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka tidak ada jalan lain selain fokus. Pemula, middle, dan profitable. Hanya anda yang dapat menilai diri anda sendiri anda sedang berada di posisi mana. Jika anda seorang pemula, rasa jenuh saat ngeblog adalah pertanda bahwa anda akan naik ke level middle, bila anda berada di level middle itu artinya tidak lama lagi anda akan mencapai ke level profitable

Dengan mengevaluasi hal tersebut, anda akan berada di jalan yang sesuai seperti yang diharapkan. Percayalah bahwa kerja keras tidak akan pernah berbohong dan akan membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

Itu dia tips ngeblog supaya tidak bosan versi saya, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang atau anda ingin menambahkan, silahkan.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Tips menyiasati rasa jenuh agar ngeblog tetap eksis

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*