Tips mengusir rasa ngantuk

tips menghilangkan rasa ngantukRasa kantuk atau mengantuk terkadang datang tanpa kenal kompromi. Baik itu ketika kita sedang santai ataupun beraktivitas. Tubuh yang lelah memang membutuhkan istirahat, apalagi mata yang lelah, dan cara yang paling ampuh biasanya adalah dengan tidur. Tapi ada waktunya anda harus bisa bertahan dengan rasa kantuk yang luar biasa, sebisa mungkin anda akan berusaha untuk bisa tetap bertahan untuk tetap terjaga dalam beberapa jam ke depan. Mungkin itu ketika sedang beraktivitas maupun harus menyelesaikan sebuah deadline yang harus segera dituntaskan.

Kurang konsentrasi, pelupa, jantung berdebar, pusing, bahkan hingga mengalami imajinasi seperti orang mabuk, dsb. Itulah dia beberapa contoh efek dari mengatuk yang akan dialami tubuh. Oleh karena itu, berikut beberapa tips mengusir kantuk saat harus mengerjakan deadline :

1. Komsumsi minuman kafein

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi misalnya. Sebagian besar saya yakin ini adalah langkah pertama yang seringkali dilakukan untuk mengusir kantuk. Walaupun tidak mutlak dapat menghilangkan rasa kantuk, tetapi setidaknya kafein yang terkandung dapat membuat mata anda sedikit terjaga. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya efek untuk mengusir kantuk yang akan kita dapat dari mengkonsumsi minuman berkafein adalah beberapa jam setelahnya. Berdasarkan penelitian, kita akan merasakan efeknya kurang lebih 3 jam setelahnya. Tapi jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terjaga.

2. Istirahat sejenak

Ketika mata merasa sudah sangat berat, cobalah untuk beristirahat sejenak dengan meluruskan anggota tubuh untuk mendapatkan efek rileks. Atau, jika memang rasanya sudah tidak kuat lagi menahan rasa kantuk, cobalah untuk memejamkan mata beberapa menit. Tapi jangan sampai ketiduran lho ya. Meskipun anda akan merasakan ngantuk yang semakin luar biasa, tetapi dengan beristirahat sejenak anda telah memberikan kesempatan pada mata untuk sedikit beristirahat sebelum beraktivitas kembali.

3. Lakukan gerakan kecil

Ketika posisi tubuh anda diam, anda akan semakin merasakan ngantuk yang luar biasa. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan kecil. Atau semacam olah raga ringan seperti berjalan-jalan, melakukan straching, setidaknya untuk membuat peredaran darah anda kembali berjalan lancar. Sehingga anda dapat mengendalikan fikiran untuk kembali melakukan pekerjaan atau beraktivitas setelah itu.

4. Mencari cara untuk tertawa

Selain dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk, salah satu manfaat tertawa juga dapat memberikan efek atau perasaan nyaman bagi tubuh. Terutama ketika tubuh dalam kondisi lelah. Mungkin anda bisa mencari cara seperti nonton video lucu yang bisa anda dapatkan melalui internet, atau jika anda sedang tidak sendirian anda bisa melakukan obrolan ringan yang bersifat ngelucu bersama teman anda.

5. Mendengarkan musik

Dan ketika anda harus kembali beraktivitas atau mungkin mengerjakan tugas yang harus anda selesaikan, tips terakhir yang harus di coba adalah mendengarkan musik. Tapi jangan dengarkan musik dengan genre yang berkategori melow yah. Karena kebanyakan orang dengan jenis musik yang slow justru akan membuat mata semakin mengantuk. Tapi cobalah untuk mendengarkan musik yang nge-beat yang bisa membuat bagian tubuh anda bergerak ketika mendengarkannya.

Nah, itulah dia tips mengusir ngantuk versi saya yang mungkin bisa anda coba. Kalau rasanya nggak juga mempan alias nggak ngefek, silahkan coba langkah terakhir. Yaitu cari posisi nyaman, pejamkan mata, lupakan deadline, mari silahkan tidur :mrgreen:

Source picture : wikihow

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

2 Comments on Tips mengusir rasa ngantuk

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips sehat saat begadang | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*