Tips mengenal jati diri yang sesungguhnya

Image source : jako.fm

Jati diri, adalah 2 kata yang memiliki pengertian yang cukup luas. Berbagai argumen pasti bisa anda temukan dan jabarkan jika mencoba untuk mengartikan makna dari 2 kata tersebut. Namun secara sederhananya, jati diri adalah sebuah identitas diri. Yap, yang bagi kita sendiri adalah kita dapat memahami dan menerima keadaan diri kita sendiri tanpa adanya pengaruh dari orang lain maupun keadaan sekitarnya yang sedang terjadi.

Banyak yang bicara bahwa untuk menemukan sebuah jati diri dibutuhkan proses perjalanan panjang. Ada yang bilang di usia yang matang, ada yang bicara sesuai dengan pengalaman, ada yang mengatakan bahwa jati diri adalah karakter kita sesungguhnya yang telah terungkap seiring dengan perjalanan hidup, dan masih banyak lagi.

Untuk mempersingkat tips agar mengenali jati diri ini, saya akan memberikan beberapa tips dari berbagai sumber serta pengalaman saya sendiri mengenai cara terbaik untuk mengungkap jati diri yang sesungguhnya.

Tips sederhana untuk mengenal jati diri :

1. Ketahui kelebihan dan kekurangan

Tidak manusia yang sempurna di dunia ini. Seberapa hebat pun mereka, sejatinya pasti memiliki kekurangan, bahkan banyak sekali kekurangan. Begitupun sebaliknya. Karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata.

Namun dalam hal untuk menemukan jati diri, tidak ada salahnya anda mencobanya untuk menuliskannya pada secarik kertas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan anda. Beberapa poin tersebut adalah agar untuk evaluasi diri mengenai hal-hal yang selama ini telah anda lakukan. Catat, baca kembali, pahami, dan resapi satu per satu kelebihan dan kekurangan anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah memahami siapakah anda sebenarnya, dan apa yang sebaiknya anda lakukan saat ini untuk merencanakan serta merealisasikan hal-hal yang menjadi target anda.

2. Menyaring informasi

Informasi adalah sebuah modal utama sebelum anda mengambil keputusan yang tepat, karena itu informasi bagi saya adalah segalanya. Tetapi kemudahan untuk mendapatkan informasi saat ini justru bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri. Terlalu banyak informasi yang didapatkan dalam kondisi tertentu justru bisa membuat anda terlihat seperti bandulan yang bergerak ke kanan dan ke kiri.

Jangan jadikan informasi menjadi tembok penghalang dalam perspektif mengenai apa yang akan terjadi nanti. Cobalah untuk menyaring informasi lebih bijaksana sebelum menetapkannya sebagai sebuah kesimpulan. Jika anda berhasil, tanpa disadari bahwa anda sebenarnya telah menunjukkan siapa anda sebenarnya.

Baca juga : 4 Hal yang menyebabkan harimu menjadi sial

3. Hindari instant, dan nikmati proses

Siapapun ingin mencapai kemapanan dalam kehidupan. Kecukupan ekonomi menjadi sebuah alasan untuk melahirkan ide-ide kecil yang cemerlang tapi terkadang justru terabaikan. Bisa jadi karena anda selalu melihat ke atas, melihat keberhasilan seseorang tanpa melihat mereka saat sedang berdarah-darah memperjuangkan usahanya. Well, oleh sebab itu cara instant bagi saya sangat tidak di anjurkan untuk mencapai perubahan ekonomi yang lebih baik, kemapanan, ataupun kesuksesan.

Jika saat ini mungkin anda sedang terjatuh, coba kembali ke poin pertama di atas dan belajar dari pengalaman sambil menikmati prosesnya. Dengan begitu perlahan akan terlihat siapakah anda sesungguhnya, bukan hanya diri anda yang terlihat seperti di depan cermin.

4. Lakukan dengan cepat dan tepat

Bukan bermaksud seperti tergesa-gesa sehingga harus dilakukan dengan cepat, dan bukan juga harus mengambil keputusan harus selalu tepat. Namun dua hal ini menjadi faktor penentu agar anda bisa mendapatkan seperti apa yang diharapkan. Untuk mendapatkan perubahan diri yang lebih baik lagi, hindarilah sifat menunda-nunda. Ingatlah bahwa kesempatan terbaik hanya datang sekali dan melakukannya saat pertama kali.

5. Lakukan atas dasar diri sendiri

Ketakutan, kebingungan, dan kegagalan sebenarnya bumbu saat anda menikmati sebuah proses perjalanan. Tidak sedikit yang mengalami perubahan yang bersifat pemikiran maupun tindakan. Tapi ini akan terlihat sangat berbeda bila anda melakukannya atas dasar diri sendiri.

Tetap menjadi diri sendiri akan membuat anda lebih nyaman, lebih leluasa untuk melakukan apapun yang berhubungan dengan maksud dan tujuan anda. Percayalah, bahwa sebenarnya dengan menjadi diri sendiri akan terdapat sebuah kekuatan besar yang terus memberikan semangat tersendiri bagi anda untuk mencapai sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

Baca juga : Tips untuk menjadi diri sendiri

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*