Tips menangani BlackBerry yang lemot

BlackBerry, smartphone besutan Research in Motion (RIM) ini tidak dipungkiri telah menjadi ponsel yang digunakan oleh berbagai kalangan. Tidak heran jika handset ini telah menjadikan BlackBerry sebagai smartphone yang memiliki karakterisitik tersendiri, terutama pada aplikasi chat yang dapat digunakan antar sesama pengguna BlackBerry. Yaitu BlackBerry Messenger. Namun selain itu, banyak juga pengguna BB yang tidak menyadari bahwa sebenarnya perangkat ini memiliki keterbatasan memory. Dalam penggunaan BBM Group, jejaring sosial, dan email yang digunakan secara terus-menerus secara perlahan akan mengakibatkan kinerja BB menjadi lambat.

BlackBerry yang lemot pastinya terasa kurang nyaman saat digunakan, apalagi ketika kamu sedang membutuhkan kelancaran dari interface satu ke menu/aplikasi lainnya. So, untuk mengatasinya, berikut cara mengatasi BlackBerry yang lemot :

1. Tutup chat BBM yang sudah selesai.
Kalau kamu merasa ada percakapan yang penting, sebaiknya simpan percakapan tersebut pada memory external. Caranya setting pada BBM > option > save chat history > pilih media card.

2. Batasi Group BBM.
Bijaksana dalam memilih group yang benar-benar penting dan berguna.

3. Hapus email yang tidak diperlukan.
File-file yang ada dapat menjadikan Blackberry kamu lemot, apalagi jika ada email yang memiliki file besar. Untuk mengatasinya, ketika kamu akan men-delete biasanya akan muncul pilihan ‘On Mailbox’ & ‘handheld’ (email di BlackBerry dan di server akan di hapus), atau ‘On Handheld’ (hanya email di BlackBerry saja yang di hapus. Kalau kamu merasa ada email yang penting, cukup pilih ‘On Handheld’ saja. Karena dengan begitu email yang aslinya masih tersimpan pada mailbox email kamu yang sebenarnya.

4. Instal aplikasi penting saja.
Biasanya aplikasi atau theme cukup menguras kemampuan memory BlackBerry. Akan lebih baik jika delete aplikasi yang menurut kamu jarang digunakan atau tidak penting.

5. Hapus cache di memory browser.
Kalau anda seringkali browsing menggunakan BlackBerry, hapus cache pada memory browser BlackBerry kamu. Caranya, Menu > Browser > Option > Cache Operations > Clear History.

6. Lakukan clean memory.
Rajin-rajinlah melakukan pemerbesihan memory. Caranya, Menu > Option > Security Option > Advance Memory Option > Memory Cleaning > Enable > Save.

7. Gunakan memory eksternal sebagai media penyimpanan.
Sebaiknya dalam menyimpan foto, video, dan lagu di simpan ke dalam memory eksternal. Caranya, Menu > Option > Memory > ubah Media Card Support menjadi on.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*