Tips membeli barang spesial

bingung.jpgDilemma oleh banyak option atau pilihan memang dapat menyebabkan kebingungan, apalagi jika tidak memiliki pilihan yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan sebuah keputusan. Kondisi tersebut biasanya sering dialami ketika anda ingin mencoba menentukan keputusan dalam membeli sebuah barang, apapun itu. Namun biasanya kondisi tersebut sering dialami ketika akan membeli barang yang termasuk ke dalam kategori spesial, misalnya kendaraan atau barang elektronik.

Berbagai pilihan, baik itu type, model, atau feature akan menjadikan anda benar-benar dilemma sehingga anda sangat takut untuk menentukan sebuah keputusan. Oleh karena itu, saya akan mencoba memberikan beberapa tips membeli barang spesial untuk mengantisipasi agar anda dapat berani menentukan pilihan tanpa dibebani oleh perasaan bingung.

Yang pertama adalah mencoba untuk utamakan kebutuhan. Apa yang menjadi kebutuhan atau motivasi anda untuk memiliki barang tersebut? Cobalah untuk memilih produk dengan model, kualitas, atau feature yang sesuai dengan kriteria anda. Jika anda telah berusaha mencarinya namun masih belum bisa mendapatkannya, mungkin anda dapat mencoba untuk mencari produk lain dengan feature yang mendekati kriteria atau selera anda.

Tentukan budget. Dengan menentukan budget, anda akan lebih mudah dalam memilih dan menentukan sebuah pilihan. Selain itu anda dapat lebih fokus dalam proses penyeleksian dan pemilihan barang yang akan dibeli.

Kemudian membuat sebuah daftar pilihan. Ketika anda masih bingung untuk memilih, cobalah untuk menyeleksi berbagai pilihan yang termasuk ke dalam kategori pilihan anda. Buatlah satu persatu, dan kemudian lakukanlah perbandingan. Dengan melakukan perbandingan, anda akan mendapatkan sebuah petunjuk yang akan menjadikan alternatif pilihan anda menjadi semakin sedikit. Ketika anda telah memiliki sedikit pilihan, maka anda akan merasa lebih mudah untuk menentukan dan mengambil keputusan terhadap barang yang akan anda beli.

Dan yang terakhir, sebagai informasi tambahan bagi anda. Cobalah untuk mencari informasi tentang produk yang akan anda pilih. Ini untuk mengantisipasi ketidak sesuaian antara ekspektasi anda dengan produk yang telah anda beli. Semakin banyak anda mendapatkan informasi, maka resiko tersebut akan semakin kecil. Meskipun poin ini akan sedikit memakan waktu, namun bersikap sabar sambil mencari informasi yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, anda telah berusaha untuk mendapatkan barang dengan produk yang berkualitas serta meminimalkan ketidakpuasan anda terhadap suatu produk yang telah anda beli.

*Note : Barang Spesial tergantung masing-masing individu.

(Picture source : Soxfirst)

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*