Tips membagi waktu untuk ngeblog

Cara mengatur waktu untuk NgeblogBagi seorang blogger, awalnya mungkin hanya berorientasi sekedar menulis dan mempublikasikannya. Tapi seiring waktu berjalan, anda akan menyadari dengan sendiri bahwa ternyata orientasi tersebut perlahan berubah. Apalagi ketika anda sudah mulai merasakan indahnya recehan yang telah di dapat dari blog yang telah anda kelola sedemikian rupa. Membuat blog terkenal dan memiliki traffic yang tinggi adalah goal yang pastinya ingin di capai bagi para blogger. Karena dengan kedua modal tersebut, sudah bisa dipastikan anda akan tergoda untuk merubah diri dari seorang blogger kere menjadi blogger matre.

Sekarang saya tidak akan membahas mengenai hal tersebut terlalu jauh, karena saya sadar bahwa saya juga masih sangat jauh dari harapan. Terutama dalam pencapaian yang sudah didapatkan dari pertama kali ngeblog sampai sekarang. Lho trus maksudnya apa?!? Kali ini saya hanya sedikit mencoba untuk berbagi mengenai tips menyiasati waktu ngeblog. Atau bisa juga diartikan cara Manajemen waktu dalam ngeblog.

Jika anda bisa full time berada di depan komputer setiap harinya, itu adalah modal yang luar biasa. tapi bagaimana jika anda masih mengkombinasikannya dengan kegiatan offline, yah misalnya masih ada usaha yang dilakukan secara offline, atau seorang karyawan mungkin. Tingkat kesibukan yang tinggi yang akhirnya berujung pada rasa lelah. Dengan kondisi seperti itu terkadang anda merasakan kesulitan untuk dapat eksis dalam dunia blogging.

Maka dari itu, berikut tips eksis ngeblog meskipun sibuk versi saya :

1. Komitmen

Segalanya berawal dari sebuah niat. Jika anda memiliki niat baik, maka lakukanlah secara terus-menerus. Melakukan sambil terus belajar adalah hal yang menurut saya adalah MUTLAK untuk dapat mencapai tujuan. Apa tujuan ngeblog? “Blog for money huh??” So, jangan menyerah. Belajarlah untuk mendapatkan apa yang rasanya ingin anda dapatkan. Dasarnya seperti cara membuat blog, cara merubah template, belajar html, SEO, dsb yang sekiranya berhubungan dengan dunia blogging.

2. Optimis

Ketika anda rasanya putus asa untuk ngeblog, coba berikan feed back kembali pada diri anda sendiri. Setidaknya tanyakan kembali ‘apa tujuan saya sebenarnya mau eksis ngeblog?’. Sekedar hobby, atau ingin cari duit online? Dan ketika anda mulai merasa ragu-ragu, saya pastikan bahwa kedua pertanyaan tersebut adalah awal yang bagus. Artinya, mencari uang yang didasari karena hobi justru akan memberikan hasil yang luar biasa. Silahkan anda bayangkan sendiri contohnya, anda melakukan sesuatu pekerjaan DEMI uang tapi karena terpaksa vs anda MENCARI uang yang didapatkan karena sebuah hobi. Dua kata yang jauh berbeda lho. So, ngeblog itu menurut saya investasi jangka panjang. Maka, teruslah berbagi dengan menulis.

3. Rela bekerja meskipun ngantuk berat

Sekalipun cuma corat-coret di blog, itu bagi saya adalah bekerja. Yup, bekerja karena pada dasarnya kita sedang melakukan sebuah aktivitas demi mendapatkan sesuatu. Apa itu? Recehan demi recehan. So, jika anda juga merupakan seorang karyawan yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, pergi kerja masih gelap dan pulangnya di waktu gelap juga, mau tidak mau anda harus rela berkorban untuk mengupdate blog. Namun yang perlu di garis bawahi adalah, jangan memaksakan diri jika anda merasa terlalu lelah. Karena bagaimanapun kesehatan adalah hal utama yang harus selalu ada dalam benak anda. Tapi intinya, jika anda melakukan karena hobi, anda tidak akan merasakan hal tersebut. Justru anda merindukannya jika anda melewati sehari saja tidak ngeblog. Maka dari itu semangat ngeblog akan tetap ada dengan sendirinya.

4. Fokus

Poin terakhir ini merupakan ilmu sapu jagad yang paling direkomendasikan karena keampuhannya. Segala yang ingin di raih harus dilakuakn dengan fokus. Karena di tengah perjalanan anda akan menemukan jalan bercabang, maka fokus melihat ke satu titik adalah kuncinya. Jika anda baru memiliki satu blog, maka tetaplah fokus untuk men-develop-nya. Tapi jika anda memiliki beberapa blog dan ingin dimonetisasi, fokuslah pada salah satu blog yang menurut anda dapat memberikan kontribusi ke depannya.

5. Berdoa

Berusaha tanpa berdoa, bagaikan pohon tanpa akar. Seperti apapun besarnya pencapaian yang telah anda raih saat ini atau ke depannya kelak, itu hanyalah sementara. Cobalah untuk mengimbangi usaha dan doa, karena manfaat doa akan memberikan kontribusi terhadap bagaimana ke depannya dan apa yang harus anda lakukan nantinya.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

4 Comments on Tips membagi waktu untuk ngeblog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*