Tips melintasi rel kereta api

Tips melintasi rel kereta apiBukan hanya spekulasi secara rasional, tetapi juga di luar logika. Rel kereta memang menyimpan banyak hal yang tidak habis-habisnya untuk diungkapkan. Apalagi mengingat masyarakat Indonesia yang kaya akan kepercayaan, wajar saja jika kereta diberikan julukan tempat yang penuh misteri.

Jadi teringat pengalaman saya beberapa tahun lalu. Lagi menunggu seorang teman di rel kereta dengan posisi jongkok tepat di atas rel, saya nggak sadar ternyata ada kereta yang lewat. Karena lindunganNya, teman yang sedang saya tunggu akhirnya datang dan teriak dari seberang jalan, “Woii kereta..!!”. spontan saya langsung berdiri dan menjauh dari rel, dan, wusshh… Langsung lemas bercampur rasa syukur yang nggak bisa diungkapkan saat itu. Dan pembicaraan itu sesekali masih selalu saya ucapkan di waktu ngobrol berdua dengan teman saya. Seakan telinga tertutup, getaran pada nggak terasa, padahal saya nggak lagi bengong waktu itu. Itulah sedikit cerita tentang pengalaman yang nggak pernah lupa di rel kereta.

Banyak hal yang harus diperhatikan saat melintasi rel kereta, selain keadaan sekitar juga kondisi kendaraan. Sekalipun biasanya kereta api akan melintas beberapa menit setelah palang pintu tertutup, namun ada baiknya anda mematuhi tata tertib yang sudah memang seharusnya dilakukan. Bagi anda yang menggunakan kendaraan, berikut Tips melewati perlintasan kereta api.

1. Kecilkan volume pemutar musik anda jika rasanya terlalu besar, ini untuk memperjelas seandainya tanda sirene kereta akan lewat bisa anda dengar dengan baik. Kalau perlu, bukalah kaca mobil anda seperlunya.

2. Buka panel pengunci pintu untuk mengantisipasi jika terjadi hal di luar kendali saat itu. Misalnya seperti mobil tiba-tiba mati, dan sulit untuk dihidupkan.

3. Jaga jarak dan pastikan kondisi kendaraan di depan anda memiliki jarak untuk anda memperhitungkan lebar rel dengan jarak yang harus anda lewati. Ini untuk mengantisipasi serta memberikan posisi kendaraan anda dalam posisi aman seandainya terjadi kemacetan yang akhirnya membuat kendaraan stag / anda diam di tempat.

4. Jangan memaksakan untuk terus melintas jika suara sirine yang menjadi tanda bahwa kereta api akan melintas, terutama pada saat palang pintu rel sudah akan di tutup.

5. Jika anda sudah terlanjur melintas dan pintu palang rel kereta akan tertutup, segera bunyikan klakson berkali-kali untuk mengantisipasi mobil anda mati mendadak dalam mengurangi efek arus listrik dan medan magnet yang dapat mengganggu dynamo starter kendaraan anda.

6. Bagi pengendara bermotor roda dua, perhatikan rel kereta yang akan anda lewati. Posisi rel, bebatuan atau lubang yang ada terkadang menjadi hal lain yang menyebabkan anda mengalami hal tidak diinginkan. Misalnya tergelincir karena ban motor anda selip. Terutama di saat cuaca hujan. Pastikan kondisi jalan antara rel dan aspal yang anda lintasi dalam kondisi baik.

Tambahan, hal yang menurut saya sangat penting dan harus diperhatikan dari beberapa poin di atas pada tips melintasi rel kereta adalah, jika anda melintasi rel kereta yang tidak memiliki palang pintu, pastikan untuk melihat sepanjang rel bahwa tidak ada kereta yang akan melintas.

Itu dia tips sederhana saat melintasi rel kereta. Jadilah pengendara yang tertib, mencoba untuk sedikit sabar akan lebih baik daripada anda memaksakan diri namun akhirnya anda berhadapan dengan maut. Dan bukan hanya pengguna kendaraan saja, bagi anda pejalan kaki yang kebetulan sedang berjalan atau di sekitar rel sebaiknya jangan melupakan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan anda.

Picture source : Republika

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*