Tips ketika merindukan seseorang yang telah tiada

Tips saat merindukan orang yang telah tiadaAkhir dari kehidupan adalah kematian. Ya, kita diciptakan olehNya dan akan kembali padaNya. Begitulah rotasi kehidupan yang hanya bersifat sementara ini. Coba sedikit anda feedback kebelakang, ketika masih berada dalam rahim, ditiupkanlah roh, kemudian terlahir di dunia, menjalani hari demi hari, dan akhirnya kembali kepada ketetapanNya yaitu menutup mata kembali padaNya. Sepertinya sangat sederhana, namun sebenarnya dalam setiap alur menjalani kehidupan ini sangatlah kompleks. Banyak hal yang harus dilakukan yang intinya menuju keseimbangan kehidupan. Apa itu? Dunia dan mempersiapkan kehidupan setelahnya.

Bersyukurlah jika anda masih diberikan kesempatan untuk menghirup dunia ini, karena sudah pasti anda masih berhak untuk melakukan apa yang ingin dilakukan. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang anda sayangi, dan pada kenyataannya mereka telah pergi meninggalkan dunia ini. Sebagai orang yang ditinggalkan rasa kangen pasti pernah menghampiri, kerinduan yang menyatu dengan kenangan-kenangan yang pernah anda lalui bersamanya semasa hidup. Apalagi jika beliau adalah orang terdekat anda. Mungkin itu orang tua, saudara, atau teman dekat. Wajar jika rasa ini datang, semuanya bercampur di kepala anda. Sedih dan bahagia bersatu dalam kepala anda ketika mencoba mengingatnya semasa hidup.

Terinspirasi dari hal tersebut, berikut tips ketika kangen dengan seseorang yang telah tiada. Semoga tips ini bisa sedikit membantu anda yang mungkin lagi sedih, gundah, galau, menyesal, atau mungkin masih terlarut dalam bayangannya.

– Lihat foto beliau

Walaupun hanya sebuah bentuk gambar yang bersifat mati dan tidak dapat melakukan apa-apa, namun dengan melihat foto beliau setidaknya anda dapat sedikit mengikis rasa kangen. Tapi pada poin ini mungkin ada sebagian orang yang justru semakin kangen pada beliau. Tujuan poin ini maksud saya adalah sedikit banyaknya dengan menatap foto beliau anda telah berusaha memahami bagaimana peran dan seberapa pentingkah beliau bagi anda. Biasa saja, penting, atau sangat berarti. Dan ini sah-sah saja. Karena di balik dari diciptakannya teknologi kamera, salah satunya juga bertujuan ke arah ini. Maka dari itu, menyimpan koleksi-koleksi foto bersama orang-orang terdekat nggak ada salahnya. Selain sebagai bentuk kenang-kenangan, juga untuk melepas rasa kangen di kemudian hari.

– Bayangkan kenangan terindah bersamanya

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna, namun manusia juga juga makhluk yang tidak lepas dari dosa. Ya, kebaikan atau kesalahan pasti pernah dilakukan. Siapapun itu, sekalipun itu orang terdekat anda. Maksud saya terhadap poin ini adalah mengingat kebaikannya, atau mengingat kenangan yang menurut anda paling indah bersamanya. Jangan pernah untuk larut dalam penyesalan, atau menyalahkan Tuhan, apalagi menyimpan luka di hati yang mungkin pernah dilakukan beliau. Lakukanlah kebalikannya, maka memori anda kembali memutar kembali cerita kehidupan bersamanya dan secara otomatis anda telah mencoba untuk benar-benar mengikhlaskan hal tersebut. Berkeputusan untuk mengikhlaskan beliau kembali ke pangkuanNya.

– Ingat pesan terakhir yang disampaikan

Jika beliau adalah orang yang paling dekat dan anda sayangi, anda pasti ingat kalimat apa yang masih tersimpan dalam memori anda. Siapapun dia pasti menginginkan anda untuk tidak terjerumus ke dalam lingkaran hitam, yang hanya membuat anda menjadi sia-sia dalam kehidupan ini. Justru sebaliknya, beliau pasti menginginkan anda menjadi yang terbaik, sesuai apa yang menjadi harapannya. Cobalah untuk sedikit mengingat kembali pesan positif yang pernah terucap darinya, itu akan memberikan inspirasi atau menjadi motivasi tersendiri buat anda untuk kembali melangkahkan kaki dalam menjalani sisa hidup ini.

– Kirimkan sebuah doa untuknya

Doa adalah senjata orang mukmin dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi (HR. Abu Ya’la). Sedangkan bagi orang yang telah meninggal, maka terhenti dan terputuslah aliran pahala untuknya, kecuali amal-amal yang diusahakannya semasa hidupnya di dunia. Selain itu, doa orang muslim bagi orang yang telah mati, akan terpenuhi padanya jika termasuk ke dalam syarat-syarat dikabulkannya doa.

Saya tidak akan mengkaji lebih jauh dari Firman Allah dan Hadist Riwayat di atas. Tapi dengan berkeyakinan dari situ, anda telah memberikan apa yang sesungguhnya beliau butuhkan disana. Maka dari itu, janganlah pernah terputus untuk mengirimkannya doa untuk beliau dengan harapan agar ditempatkan di sisi terbaik olehNya.

– Kunjungi makam beliau

Jika anda memiliki waktu luang, kunjungilah makamnya. Apalagi jika makam beliau masih berada satu kota dengan anda, sangat tidak etis rasanya jika anda tidak pernah menyempatkan diri untuk nyekar ke makam beliau. Dengan melihat makamnya secara langsung, anda dapat merasa lebih bebas dalam menyampaikan unek-unek dan perasaan anda, juga lebih menciptakan rasa ikhlas atas kepergian beliau.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Selamat Hari Ibu : Surat untuk Beliau di alam sana | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*