Tips agar rumah aman ketika ditinggal mudik

Tips agar rumah aman pada saat ditinggal mudik
Image source : smartsurveillancecameras.com

Tips supaya rumah aman pada saat ditinggal mudik atau dalam jangka waktu yang cukup lama menjadi satu perhatian penting yang harus diterapkan. Ini bermaksud agar ketika anda meninggalkan rumah tidak dalam keadaan khawatir, sehingga pada akhirnya menjadi beban pikiran ketika berada di kampung halaman. Jangan sampai rasa khawatir pada akhirnya mengacaukan kebahagiaan anda ketika sedang menikmati kebersamaan di tengah-tengah keluarga.

Tingginya tingkat kriminalitas dapat mengancam siapa saja, termasuk juga anda. Apalagi jika anda tidak melakukan proteksi atau mengantisipasinya dengan baik, jangan heran bila anda mendapatkan kabar ternyata rumah anda telah disusupi oleh tamu yang tidak di undang alias maling. Maka dari itu, saya merangkum dari beberapa sumber mengenai salah satu tips mudik yang tidak boleh diabaikan.

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik

1. Menyimpan barang berharga di tempat yang aman

Barang berharga adalah tujuan utama yang paling di cari oleh tamu yang tidak di undang. Jadi, poin pertama yang harus anda lakukan ketika meninggalkan rumah adalah menyimpan sejumlah barang berharga di tempat yang aman. Atau sebagai solusi alternatif yang tepat adalah anda dapat menitipkannya ke orang yang dapat anda percaya.

2. Mengunci semua akses pintu masuk

Pintu utama sebaiknya dipastikan dalam keadaan terkunci. Untuk membuat lebih aman, anda juga dapat menambahkan perangkat tambahan untuk mempersulit ruang gerak bagi pencuri yang ingin masuk. Misalnya seperti menambahkan palang menggunakan balok atau dengan menambahkan kunci gembok.

Selain pintu, perhatian dan ketelitian anda juga tidak boleh luput dari jendela. Pastikan jendela telah terkunci dengan baik. Kemudian tidak ada salahnya anda mengunci setiap pintu ruangan yang ada dalam rumah anda. Hal tersebut bertujuan setidaknya untuk sedikit memperlambat gerak para pencuri bila seandainya mereka benar-benar berhasil menyusupi rumah anda.

Baca juga : Tips menghindari kejahatan saat mudik

3. Pastikan peralatan listrik telah di cabut

Selain maling, satu hal yang tidak boleh diabadikan adalah masalah listrik. Karena kesalahan sedikit saja yang diakibatkan karena listrik dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kerugian yang jauh lebih besar. Sebelum berangkat mudik, jangan lupa untuk memeriksa dengan teliti seluruh perangkat elektronik anda apakah sudah di cabut. Misalnya seperti kabel tv, kabel AC, kulkas, dll. Kemudian untuk meminimalkan hal yang tidak diinginkan, anda juga sebaiknya mencabut selang regulator gas demi kenyamanan dan keamanan.

4. Periksa kembali kinerja CCTV rumah anda

Bila anda menggunakan CCTV di rumah dan memiliki fitur pengecekan melalui internet, pastikan apakah fiturnya bekerja dengan baik. Karena dengan berfungsinya fitur tersebut anda dapat memantau kondisi dan keadaan rumah secara real time.

5. Menutup rapat celah pintu utama

Sebelum anda berangkat mudik, sebaiknya anda menutup celah-celah yang terdapat di bagian bawah pintu masuk utama. Anda bisa menutup celah tersebut menggunakan kain atau kertas untuk menghindari masuknya kotoran karena angin ataupun serangga yang berbahaya.

6. Biarkan lampu teras dalam kondisi menyala

Matikan sejumlah lampu dalam rumah anda sesuai kebutuhan, namun biarkan lampu teras anda menyala. Karena kondisi lampu yang nyala tersebut akan menjadi penerang rumah anda sehingga akan jelas terlihat saat malam hari.

7. Matikan jalur telepon rumah

Bila anda menggunakan telepon rumah, sebaiknya di cabut dan biarkan dalam kondisi mati dalam beberapa hari selama anda mudik. Hal ini untuk mencegah mata-mata yang berniat jahat pada anda dengan cara menelepon ke rumah, bila tidak diangkat, itu dapat menjadi sebuah sinyal bagi para pencuri bahwa sebenarnya tuan rumah sedang pergi dalam beberapa hari ke depan dan tidak menutup kemungkinan mereka akan melancarkan aksinya.

8. Informasikan pada tetangga sebelah bahwa anda sedang mudik

Tetangga adalah orang yang akan pertama kali membantu anda ketika terjadi hal-hal yang bersifat mendesak. Sosialisasi yang baik sangatlah penting dalam bertetangga, salah satu hal positif yang bisa anda rasakan adalah seperti dalam kondisi ini. Ya, jangan lupa informasikan ke tetangga sebelah rumah bahwa anda akan mudik dalam beberapa hari ke depan. Bila ternyata tetangga juga mudik, anda bisa meminta tolong kepada ketua RT ataupun bagian keamanan yang berjaga di sekitar rumah anda.

Itulah salah satu tips supaya rumah tetap aman ditinggal mudik yang perlu anda perhatikan sebelum berangkat. Tapi tunggu dulu, sebagai cara aman sebelum anda meninggalkan rumah dan mudik adalah, anda bisa menitipkan rumah kepada orang yang dipercaya. Karena dengan melakukan hal ini setidaknya ada seseorang yang senantiasa menjaga rumah anda atau yang akan mengecek kondisi rumah anda ketika ditinggal mudik.

Baca juga : Tips tetap bugar saat perjalanan mudik

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*