Tips Agar Ngeblog Tetap Semangat

Tips agar ngeblog tetap semangat – Salah satu penyakit saya dari pertama kali ngeblog adalah penyakit musiman. Yaitu malas. Passion tetap pengen ngeblog, tapi semangat gak bisa di ajak kompromi sama keinginan saya untuk membuat blog bisa mendapatkan traffic yang bejibun. Begitupun dalam bisnis online, kadang-kadang arah tujuannya nggak jelas, kadang semangat untuk ngeblog, kadang semangat untuk ikutan affiliate, kadang semangat develop online shop saya dan ketika sales turun akhirnya update-nya angot-angotan juga. Yah, itulah penyakit paling kronis yang saya derita. Jadi, kalau judulnya terlalu ekstrim, mungkin saya bisa menyederhanakan dengan kalimat ‘Tips supaya ngeblog bisa konsisten & berasa lebih mengasyikkan’. Karena pada intinya dalam mengembangkan sebuah bisnis salah satunya adalah harus konsisten. Walaupun ada beberapa faktor lainnya, tapi menurut saya konsisten adalah sebuah tips yang dapat menggambarkan sebuah image terhadap kita sendiri.

Nah, buat kamu yang senasib dengan saya nih khususnya, berikut saya coba memberikan tips ngeblog yang terus terang belum tentu ampuh. Tapi setidaknya bisa sedikit membuka mata hati dan fikiran untuk bisa berkomitmen untuk ngeblog. Daripada saya cerita makin nggak jelas ngalor ngidulnya, silahkan di simak beberapa tips-nya.

1. Coba ingat & sadari, sudah berapa blog yang kamu punya?

Buat daftar blog

Ibaratkan mau olah raga, pasti kamu akan melakukan pemanasan kann?! Nah, kalau kamu ngerasa bosan atau ragu-ragu apakah dan rasanya mau berhenti di tengah jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun penghasilan tetap dari ngeblog, silahkan tuliskan di secarik kertas semua alamat blog-blog kamu. Dengan begitu kamu akan merasa bahwa ternyata kamu sudah berada selangkah lebih maju daripada kamu harus memulai kembali dari awal. Sedangkan bagi kamu yang memang baru punya satu buah blog, cobalah untuk bersyukur bahwa ternyata kamu sudah punya blog daripada kamu tidak memilikinya sama sekali. Rasakan lebih dalam.., lebih dalam lagi.. dan, walaupun saya bukan tukang hipnotis tapi saya yakin bahwa kamu akan mendapatkan jawabannya dari dalam hati kamu sendiri.

2. Buatlah jadwal yang lebih teratur, bukan merasa di atur

buat jadwal teratur ngeblog

Menurut saya, ini adalah suatu hal yang dirasakan bagi blogger yang masih part time. Memprioritaskan pekerjaan offline karena lebih pasti mendapatkan penghasilan daripada pekerjaan online yang bikin hutang jadi membengkak. Sama, sayapun merasakannya. Tapi intinya, jika kamu memang merasa ikhlas, yakinlah bahwa sebuah pekerjaan yang didasari dengan ikhlas (apalagi hobi) akan memberikan kontribusi dari apa yang telah dilakukan. Hhmm, walaupun terkadang nilainya tidak seberapa, tapi dengan begitu kamu dapat merasakan sebuah jawaban bahwa kecanduan ngeblog itu ternyata lebih bernilai daripada kecanduan yang lainnya. So, buatlah jadwal yang teratur untuk kamu ngeblog, jangan merasa terpaksa karena di atur untuk harus update ngeblog. Walaupun harus berbagi waktu atau begadang karena dari pagi sampai sore bekerja, itulah indahnya sebuah tantangan. Dengan begitu kamu akan merasa bahwa ngeblog itu adalah pekerjaan yang mengasyikkan.

3. Fokus terhadap blog yang sedang dikembangkan

fokus ngeblog

Apa yang akan kamu lakukan dengan blog yang sedang kamu buat di beberapa waktu mendatang? Mungkin akan dilakukan adsenisasi, cpm-isasi, direct advertising, bla bla bla masih banyak lagi. Coba untuk saat ini fokuslah terhadap satu blog yang sedang kamu kembangkan hingga rasanya kamu sudah mendapatkan angin segar dari traffic yang didapatkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa traffic adalah peluang besar untuk mendapatkan earning. Di saat kamu merasakan pendapatan yang telah didapatkan, secara tidak langsung menurut saya itu adalah salah satu tips fokus ngeblog. Rajin update, prioritaskan kuantitas, lalu kualitas, dan kamu bisa lihat hasilnya.

4. Mengunjungi forum dan bersilahturahmi dengan blogger lainnya

Menjalin hubungan sesama blogger

Seperti kata alm Nenek saya, “Kamu akan ikutan wangi ketika kamu berteman dengan penjual minyak wangi”. Hal tersebut juga berlaku untuk menjaga semangat kita untuk ngeblog. Mengunjungi forum-forum atau blogwalking bisa menjadi penambah motivasi untuk terus ngeblog. Apalagi kalau liat earning orang gede-gede, rasa penasaran secara tidak langsung akan bikin kamu termotivasi untuk melakukan apa yang telah mereka lakukan.

5. Jangan kebanyakan mikir, berkhayal, apalagi belajar. Tapi segeralah untuk ‘Action’

lakukan action

Ini nih, terus terang saya kadang-kadang juga merasakan hal-hal tersebut. Tapi ternyata beberapa hal di atas terkadang tanpa disadari hanyalah membuang-buang waktu saja. Mikir melulu, lama-lama bikin botak. Berkhayal itu adalah sebuah imajinasi yang hanya ada di dalam fikiran tapi nggak akan menjadi nyata. Belajar itu membosankan jika dilakukan secara terus-menerus. Tapi, di saat saya melakukan sebuah action, saya akan merasa bahwa hari yang saya lewati akan lebih bermakna daripada terpuruk di dalam ketiga hal di atas.

6. Rajin-rajin cari Backlink Ghaib

backlink ghaib

Dalam ngeblog, Search Engine optimization adalah salah satu efek yang akan dirasakan oleh blog. Oleh karena itu, banyak sekali ilmu SEO yang harus dipahami, salah satunya adalah backlink. Bagaimanapun juga, backlink sangat penting untuk mendongkrak posisi SERP blog dalam mesin pencarian. Tapi, buat yang sama seperti saya yang tidak pernah mendalami dunia SEO, menanam backlink ghaib adalah salah satu kunci pendongkrak keberhasilan. Terus berusaha & berikhtiar, jangan lupa meminta padaNya agar apa yang kamu kerjakan diberikan ridhoNya. Nggak perlu susah-susah komen di web .edu, gak perlu bangun link pyramid, gak perlu beli backlink biar SERP ke angkat, intinya yang penting traffic blog bisa rame. Alhamdulillah salah satu blog saya bisa gini lho, cuma modal semangat, komitmen untuk update tiap hari, selalu berdoa minta keridhoan & backlink sama Yang Kuasa.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Tips Agar Ngeblog Tetap Semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*