Tips agar kerja tetap semangat setelah melewati liburan panjang

Tips agar kerja tetap semangat setelah melewati liburan panjang

Liburan menjadi satu momen yang paling di tunggu-tunggu. Bukan hanya bagi para pelajar, tetapi bagi anda yang memiliki waktu dengan jam kerja yang padat juga menganggap liburan sebagai satu hal yang paling istimewa. Dengan liburan anda bisa berkumpul dan mengisi waktu bersama keluarga, dengan liburan anda bisa meredakan stres yang mungkin selama ini menjadi penghambat untuk lebih produktif, kemudian dengan cara liburan anda bisa menghabiskan waktu dengan melakukan hal positif yang berkaitan erat mengenai hobi, dan lain sebagainya.

Tetapi yang menjadi permasalahan adalah biasanya tidak sedikit yang justru mengalami penurunan produktivitas setelah melakukan liburan panjang. Rasanya, anda tidak ingin melewati masa liburan tersebut dan ingin waktu yang lebih panjang lagi. Hal tersebut sangat normal, karena sebagai seorang manusia pasti memiliki keterbatasan dalam melakukan pekerjaan, terutama bila anda memiliki rutinitas yang cenderung monoton.

Oleh sebab itu, bagaimana kiat agar tetap menjadi produktif setelah melewati liburan panjang? Berikut tips memaksimalkan masa liburan sehingga anda akan kembali fresh dan lebih semangat saat kembali bekerja.

1. Tuliskan rencana liburan secara matang

Sebelum menjalani masa-masa liburan panjang, sebaiknya anda membuat sebuah daftar untuk mempermudah anda dalam melewati beragam hal yang akan dilakukan. Misalnya, ketika anda berencana untuk pulang ke kampung halaman, sebaiknya anda membuat sebuah rencana mengenai daftar kunjungan setelah anda berada disana. Atau, anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang paling anda idamkan maupun tempat favorit di suatu tempat jika anda berencana liburan.

Rencana yang matang akan memberikan anda sebuah pengalaman terbaik, kemudian anda juga dapat meminimalkan masa liburan anda menjadi sia-sia karena kurangnya perencanaan.

Baca juga : 5 Alasan mengapa bekerja sesuai passion itu menyenangkan

2. Selesaikan pekerjaan sesegera mungkin

Untuk mengantisipasi agar liburan anda tidak terganggu karena hal tugas maupun pekerjaan di kantor, sebaiknya anda menyelesaikan pekerjaan yang menurut anda harus segera diselesaikan. selain dapat memberikan anda ketenangan batin, tanpa anda sadari anda telah mendapatkan sebuah nilai plus karena telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik sebelum melakukan liburan.

3. Fokus saat liburan

Tanpa disadari, sebenarnya liburan juga membutuhkan fokus? Ya, namun berbeda halnya dengan tingkatan fokus ketika anda sedang dihadapkan dengan perkuliahan maupun pekerjaan sehari-hari. Dalam arti kata disini adalah anda harus menjalani liburan tanpa memikirkan pekerjaan yang hanya akan menjadikan liburan anda kurang berkesan.

Lakukan kegiatan yang anda suka, buatlah diri anda merasa senang, jalani dan nikmati masa liburan anda tanpa harus memikirkan hal lainnya yang berada di luar konteks saat menjalani liburan. Walaupun mungkin hal ini terasa agak sulit bagi sebagian orang, tetapi percayalah bahwa sebenarnya dengan melupakan hal tersebut sementara waktu ini justru dapat membuat anda kembali produktif saat kembali beraktivitas.

4. Utamakan pekerjaan yang bersifat mudah

Kembali pada kenyataan. Setelah anda melewati liburan dan kembali bekerja, pastikan anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat mudah. Walaupun mungkin akan ada setumpuk pekerjaan harus anda selesaikan, dengan mengutamakan hal yang mudah anda akan menghemat waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut dengan lebih cepat.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengerjakan seluruh pekerjaan secara berurutan. Yang terpenting adalah, tetap berpegang kepada prioritas dari pekerjaan yang harus diselesaikan.

5. Jangan takut untuk meminta bantuan

Bila anda mengalami kesulitan karena pekerjaan yang menumpuk, tidak ada salahnya anda bekerja secara team untuk meningkatkan efisiensi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Walaupun anda memiliki serangkai tanggung jawab sesuai dengan pekerjaan anda, namun bukan berarti anda harus menyelesaikan semuanya secara mandiri. Karena tidak ada salahnya anda meminta bantuan kepada rekan kerja anda untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan yang di rasa sulit.

Baca juga : Tips menghadapi rekan kerja yang suka cari muka

Ini bukan berati anda bersikap tidak bertanggung jawab, melainkan lebih memanfaatkan kinerja secara teamwork. Selain itu, anda juga dapat melihat sendiri hasilnya akan terasa lebih maksimal bila dibandingkan anda menyelesaikannya sendiri.

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*