Terjebak dalam Birokrasi Kompleks..

Semua memang ada aturannya, tapi terkadang setiap aturan terasa sangat sulit untuk dilakukan satu persatu. Mau ini, harus lapor ke A, habis itu ke B, trus ke C, dan balik lagi ke A, kemudian ke C lagi. Jadi teringat sama salah satu lagu yang pernah dinyanyikan oleh Slank, Birokrasi Complex. Meskipun sekarang rasanya menurut saya memang tidak sesulit tahun-tahun kemarin, tapi aturan-aturan yang harus kita lewati rasanya menjadi sebuah istilah Birokrasi kompleks.

Mungkin anda pernah merasakan bagaimana sulitnya untuk mengurus sesuatu yang membuat anda seakan terkurung di dalamnya. Satu demi satu rasanya telah dilakukan, tetapi seakan anda justru merasa terlempar sana sini dan akhirnya terjebak dalam birokrasi kompleks. Apakah ini sudah menjadi aturan atau langganan bagi rakyat biasa untuk melaluinya?! Dasar birokrasi kompleks..

Rasanya sudah cukup bersabar, dan harus bersabar. Satu per satu memang harus dilalui, tapi akhirnya UUD, alias Ujung-Ujungnya Duit juga. Siapa banyak duit, dia berkuasa. Dan yang terutama, dia akan terhindar / terlepas dari birokrasi kompleks. Apalagi kalau ada relasi, mmm.., ada duit & ada relasi, tambah gampang deh kalo mau ngurus suatu urusan :mrgreen:

Ngoceh tentang Birokiasi yang kompleks nggak ada habisnya. Tapi bagi anda yang tidak ingin terjebak dalam birokrasi kompleks, menurut saya ya harus ada relasi & duit. Karena tidak semua instansi (baik pemerintah ataupun swasta) yang memiliki pelayanan dengan cara yang sederhana dan mudah.

Hari gini masih nemu birokrasi yang kompleks, litak (capek’) deh..!

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Terjebak dalam Birokrasi Kompleks..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*