Statistic tracker, feature baru dari Blogger

Statistic tracker adalah suatu informasi yang memberikan data-data tentang pengunjung yang datang ke blog / website. Secara keseluruhan data-data tersebut akan memberikan informasi terhadap anda tentang keyword apa saja yang kuat pada blog anda, sehingga anda bisa lebih terarah dalam mengoptimalkan blog anda agar lebih fokus untuk mendatangkan banyak pengunjung. Secara keseluruhannya, hal tersebut diantaranya adalah, statistik pengunjung hari ini, statistik pageview, pengunjung berdasarkan keyword, search engine, atau berdasarkan website / referrer yang disajikan secara detail & real time setiap saat.

Sebenarnya banyak website yang menyediakan jasa statistic tracker ini. Anda hanya tinggal daftar, dan copy code script-nya, trus paste-in deh ke blog anda. Yup, cukup mudah bukan. Tetapi itu adalah hal yang harus dilakukan pada hari kemarin-kemarin. Karena ketika saya mau update salah satu blog saya yang menggunakan Blogger, atau lebih dikenal dengan blogspot, ternyata sudah tersedia feature Statistic-nya juga.

Cara kerja Statistic blog dari Blogger mirip seperti FeedBurner dan sangat detail. Karena anda bisa memantau statistik pengunjung blog anda setiap saat berdasarkan feature-feature yang ada biasanya (seperti yang saya katakan diatas). Kalau dulu saya pernah nulis tentang manfaat statistic tracker pada blog, sekarang sudah ada cara yang lebih mudah dan gak ngerepotin deh.

Statistik dari Blogger terdapat 4 menu, yaitu peninjauan secara luas (overview), berdasarkan postingan (posts), sumber traffic (traffic source), dan audience. Anda bisa cek gambar diatas yang sudah diberi garis merah, atau kalau penasaran, sok atuh log in ke account blogger anda.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*