Sms isu gempa besar

Sebelumnya, sms isu yang saya maksudkan disini adalah sms yang terkesan memberikan sebuah gambaran yang menakut-nakuti, atau sebuah sms yang bisa menimbulkan kecemasan karena informasi dari sms isu itu bertujuan menyebarkan sebuah berita yang belum pasti. Sedikit banyaknya dari penjelasan saya tersebut mungkin kamu sudah bisa mengerti. Kalo belum juga ngerti, ya di ngerti-ngertiin lah. Maklum, saya terkadang agak katro’ dalam menjelaskan sesuatu hal yang ingin saya sampaikan :mrgreen:

Selang beberapa waktu lalu hingga pasca gempa di Sumbar (saat ini) saya mendapatkan sebuah sms isu dari seorang teman saya yang isinya membuat saya geleng-geleng. Kenapa? Karena menurut saya (mungkin juga kamu beranggapan demikian) isi dari sms tersebut terkesan mendramatisir dan juga bisa membuat orang yang membacanya ketakutan. Saya rasa salah satu diantara kamu mungkin ada yang sudah mengetahui sms isu tersebut, terutama bagi kamu yang berdomisili di Sumatera Barat. Ok, penasaran dengan sms isu gempa besar di Sumbar? Isinya sebagai berikut :

“Berita laporan dari BMG & NASA di Amerika Serikat, belum di sebarkan ke media. Bahwa lempengan Sumatera hampir patah. Dikabarkan bisa membelah pulau Sumatera! Sebelumnya hal ini diperkirakan terjadi tahun 2012, namun karena gempa besar kemarin maka diperkirakan terjadi lebih awal karena lempengan di Sumatera yang terus bergerak lebih cepat! Tolong bersama-sama sebarkan berita ini ke teman & kerabat sehingga warga pulau Sumatera dapat lebih waspada. Tolong, tolong sebarkan! Minimal 5 nomor! Supaya kalau ini terjadi tidak berdampak terlalu besar. Tolong sebarkan!!!”

Yupz.., isi sms isu tersebut memang panjang banget. Tapi terus terang, isinya membuat saya 🙁 bercampur dengan rasa :angry: Karena ketika seharusnya saya (dan juga saudara2) saya harus mengobati kejiwaan karena trauma gempa, tapi tidak demikian. Bagi saya itu adalah isu!! Kenapa saya menganggap itu isu? I have 3 reason :

Pertama, Kenapa di media massa ataupun berita tidak di sosialisasikan?!? Kenapa hanya melalui sms?! So, saya menganggap itu adalah kerjaan orang iseng yang bertujuan membuat sms isu.

Kedua, seperti yang kita ketahui, tidak ada alat yang bisa mengetahui kapan gempa terjadi. Meskipun sms tersebut tidak menyebutkan “kapannya” terjadi gempa, tapi setidaknya (menurut saya) sms tersebut seakan memberikan sebuah gambaran yang pasti akan terjadi.

Ketiga, terus terang saya menganggap  sms tersebut sedikit bermanfaat  juga (karena mengingatkan kita harus waspada terhadap bencana), tetapi tidak sewajarnya menggunakan kata2 tersebut. Terutama pada statement “Dikabarkan bisa membelah pulau Sumatera!”. Maaf bukannya saya takabur! But I have God, and all of secret only Him that know!”. Bagi saya, it’s Ok!! Meskipun sebenarnya saya ketakutan mbacanya, tapi saya masih meyakini Kun fayakun..!! Hanya Dia yang bisa menjadikan segalanya menurut kehendakNya.

Okay, cuma 3 itu aja alasan saya. Bukannya saya yang mendramatisir nih ya.., tapi berhubung saya emang dapet sms isu tersebut dari no hp yang tidak saya ketahui nomor siapakah itu.

Sebenarnya pas saya mau posting artikel Sms isu gempa besar ini tiba-tiba ada gempa lagi yang berpusat di Painan – Sumbar dengan kekuatan 5,3SR (kaget juga sih nih!), tapi saya harap jangan mudah percaya dengan informasi apapun yang belum terbukti ke absahannya. Setidaknya cobalah untuk berfikir jernih. Jangan langsung dipercaya, teruslah mencari informasi yang diperlukan dan filter kembali agar mendapatkan jawabannya. Semoga Allah melindungi kita semua, Amin..  :pray:

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Sms isu gempa besar

  1. bro..gua baca artikel loe bro..gua jadi merinding…..
    soalnya gua pernah berhayal.
    entah dari mana datang hayalan itu….pokonya..gak tau juga gua,,,,kenapa gua berhayal itu….
    dalam hayalan gua itu……pulau sumatra itu patah 2…dan tenggelam….ilang gitu…(itu cuma hayalan gua)
    apalagi baca artikel loe…gua makin takut……
    gua orang miang juga..tapi lagi kuliah dijogja ne…..semua keluarga gua disana……
    semoga Allah selalu melindungi kita bro

    @Rio : Amin… :pray:

  2. jangan jangan ide orang maling tu yang mau membokar rumah yg ada di pinggir pantai…
    kian sepi ngk ada penunggu nya…
    dia pasti beraksi…buukan wspda gempa… tetapi waspada maling

  3. maf mas sebelumnya…
    sya salah satu mahasiswi PTN d Bandung yang mengambil fakultas mengenai kebumian.. sedikit informasi z, posisi Sumatra itu berada di pertemuan dua lempeng bumi, yakni lempeng Indo-Australia yang terus aktif menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Sehingga, membuat lempeng Eurasi terus bergeser dan menimbulkan patahan yang memanjang dari ujung utara hingga ke ujung selatan Sumatra. sehingga tak heran jika informasi membelahnya pulau sumatra gempar di kalangan masyarakat. karna menurut ilmuan, hal itu bisa saja terjadi.
    tidak mungkin ada prediksi tersebut tanpa adanya alat yang membantu untuk mengukur gempa salah satu alatnya adalah seismik.
    menurut ilmu kebumian bencana apapun bisa d prediksi, karna tekhnologi semakin maju.
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*