SMS dari orang iseng

Lagi asyik tiduran sambil baca buku, tiba-tiba ada sms masuk. Ternyata isinya menyatakan bahwa saya mendapatkan hadiah, wah… kalo beneran sih enak… 😀 Tapi ini nggak tahu sudah yang keberapa kali saya mendapatkan sms seperti ini. Saya yakin bukan saya sendiri yang pernah mendapatkan sms seperti ini, karena berita seperti ini sudah menjadi bulan-bulanan pihak lembaga hukum ataupun dari pihak operator itu sendiri.

Isi sms seperti itu memang bisa mempengaruhi sebagian orang, tetapi tidak mutlak. Karena sudah banyak orang yang mengetahui bahwa sms seperti ini adalah salah satu modus penipuan. Saya jadi berfikiran, “Seandainya sistim sms bisa menyaring format sms yang mengarah kepada modus kejahatan atau apapun itu yang bisa merugikan pihak konsumen”. Ya, istilahnya sih kalau di WordPress seperti Pluggin Akismet gitu. Tetapi nggak tahu juga sih, apakah hal itu bisa terjadi atau tidak. Tetapi wajar jika saya berandai-andai seperti itu, karena kan kita banyak mengetahui bahwa segala sesuatu yang ada dan telah kira rasakan manfaatnya dimulai dari mimpi, ide dan pengembangan. Semoga aja pihak operator mau mempertimbangkan dan memikirkan masalah ini.

Mungkin salah satu dari anda, teman anda, atau keluarga anda sudah pernah ada yang mengalami atau bahkan sudah menjadi korban dari modus penipuan berkedok sms ini. Karena memang wajar jika kita sebagai sang penerima hadiah sms merasa senang atau tertarik sehingga kita justru mau mengirimkan sejumlah dana yang diminta oleh pihak mereka untuk nebus hadiah tersebut. Cara yang mereka gunakan memang bermacam-macam, tergantung kepada tujuan sang penjahat tersebut. Biasanya mereka hanya menginginkan uang atau voucher pulsa. Jika mereka menginginkan uang, ya mereka meminta anda mengirimkan sejumlah uang kepada mereka sebagai uang penebus hadiah yang anda dapatkan. Tetapi jika mereka tujuannya hanya ingin mendapatkan voucher pulsa, mereka meminta anda mengirimkan kode voucher yang masih baru (belum digunakan) kepada pihak mereka. Mungkin masih ada cara lain dari yang saya sebutkan diatas, tetapi yang sering saya temukan hanya dua modus tersebut.

Semoga anda bisa lebih berhati-hati agar tidak menjadi korban. Jika anda ingin mengetahui apakah berita dari sms itu benar atau tidak, anda bisa mencari informasi tentang hal tersebut kepada pihak operator yang anda gunakan.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

8 Comments on SMS dari orang iseng

  1. Iya, dikira yang baca SMS ga ngerti apa ya, sehingga dikira yang ngirim 777…

    Buat yang ngirim: nomornya kan keliatan di inbox, mas… Jangan ngaku2 777 deh…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*