Situs-situs download mp3 ilegal ditutup?

Selain menyediakan sejumlah informasi, di internet juga banyak sekali menyediakan dokumen ataupun file yang ilegal. Salah satunya adalah file yang berformat mp3, atau lebih dikenal dengan free download lagu bagi user yang mencarinya melalui search engine. Meskipun file-file tersebut ada yang bersifat legal (dijual secara online), tapi yang seringkali kita temukan justru banyak yang ilegal.

Dan kalau membicarakan tentang download lagu gratis, informasi yang saya dapatkan adalah bahwa Senin pekan depan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, operator-operator telekomunikasi, serta penyedia jasa internet (ISP) akan membicarakan langkah mereka dalam menerapkan pemblokiran terhadap situs-situs seperti itu. Karena menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Ashwin Sasongko, situs-situs penyedia konten unduhan musik ilegal itu akan diperlakukan sama dengan situs pornografi atau situs penistaan agama.

Pekan lalu, yayasan nirlaba yang berjuang untuk mengkampanyekan musik legal, Heal Our Music, secara resmi memang meminta kepada Menkominfo Tifatul Sembiring untuk menutup 20 situs web yang menyediakan download lagu ilegal atau musik bajakan yang tidak membayar hak cipta.

Adapun situs-situs itu adalah gudanglagu, mp3sgratis, mp3lagu, gudanglagu, warungmp3, pandumusica, musik-corner, mp3bos, mp34shared, musik-flazher, index-of-mp3, misshacker, trendmusik, abmp3, katalogmp3, mp3bear, mp3downloadlagu, freedownloadmp3, plasamusic, serta dewamp3.

Kebijakan ini karena sebelumnya, kalangan musisi tanah air mendesak Kementerian Kominfo turut mengatasi praktik pembajakan karya seni dengan memblokir akses situs penyedia fasilitas unduh musik secara ilegal.

Juru bicara healourmusic M Gopal Utiarrachman mengatakan, industri musik digital di Indonesia terus dihantam aksi pembajakan, sementara seniman hanya mendapatkan sebagian kecil dari hasil keringatnya sendiri. Kemudian di sisi lain, di tambah pendapatan musik digital terus turun 31 persen karena pembajakan melalui download musik ilegal. Nilainya pun  terus turun karena saat ini, 95 persen musik digital yang di download dari internet tidak berbayar.

Hal tersebut setelah saya cek n ricek, ternyata beberapa situs yang termasuk kategori sudah di black list di atas sudah tidak dapat diakses. Memang belum seluruhnya, tapi beberapa situs download lagu ilegal seperti music corner dan pandumusica memiliki tampilan seakan sudah di hack. Sedangkan selain dua situs tersebut, beberapa diantara situs di atas sudah tidak dapat diakses.

About Andy Febrian 532 Articles

Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Situs-situs download mp3 ilegal ditutup?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*