Satu Akun untuk seluruh Google

Kurang lebih seminggu sudah tidak menghampiri account Google saya, dan sewaktu kemarin cek-cek email salah satu account saya, ternyata Google tampilannya baru. Nggak tau nih ya, apakah saya yang emang baru tau, atau memang ini layanan baru dari Google sebagai bentuk implementasi terhadap beberapa layanan dari Google untuk memudahkan penggunanya hanya dengan sekali login. Yup, Google memang sangat canggih dan peka terhadap perkembangan serta selalu melakukan inovasi demi para penggunanya. Dan itulah yang terjadi sekarang.

Misalnya seperti layanan blog gratisan dari Google yaitu blogspot, atau yang lebih familiar dengan Blogger. Google sudah menerapkan sesuatu yang bersifat wajib. Apa itu? Adalah email. Jika anda sebelumnya menggunakan email selain gmail, sudah saatnya anda harus beralih ke Gmail untuk tetap dapat mengakses blog anda yang menggunakan platform Blogger. Dan kemudian, begitupun saat ini. Seakan Google ingin memonopoli menerapkan sistim yang memberikan kemudahan terhadap penggunanya. Yaitu Satu Akun untuk seluruh Google, yang maksudnya adalah anda dapat mengakses layanan Google secara keseluruhan hanya dengan satu kali login pada account anda.

Bagaimana jika anda sering ganti-ganti account Google? Inilah yang sebenarnya bikin saya kaget. Di balik semua ini ternyata Google melakukan penyimpanan cookies alias mencatat IP anda untuk memudahkan anda kembali dalam mengakses semua aplikasi atau produk dari Google. Mungkin itu Gmail, Youtube, Google Maps, G+, Google Drive, Analytics, Google Play, Picasa, dsb. Jadi ketika anda telah logout dan ingin masuk ke account berbeda ke Google anda, secara otomatis account anda sebelumnya akan tetap tersimpan pada tampilan utama login ke Gmail.

Bagi saya, ini sangat praktis. Karena berhubung kebetulan saya memiliki beberapa blog dengan account yang berbeda, saya merasa cukup mudah dalam mengakses setiap accountnya. Dan hal tersebut, bisa ditambahkan atau dihapus pada interface-nya dengan cara klik add account jika ingin menambahkan / login ke account anda yang lainnya, atau tinggal klik remove untuk menghilangkannya. Simple dan praktis. Tapi perlu di garis bawahi, untuk dapat memanfaatkan feature ini anda harus centang / checklist bagian tetap masuk atau sign in ya.

Sekian dulu, kaya’nya update status saya bermanfaat 🙂

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Satu Akun untuk seluruh Google

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara mengganti email blog di Blogger | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*