QR Droid, Aplikasi Android untuk membuat QR Code

Membuat QR Code dari AndroidQR Code merupakan jenis kode matriks dua dimensi yang telah dikembangkan oleh salah satu perusahaan Jepang dan telah di publikasikan sejak tahun 1994, dengan fungsi utamanya adalah mudah di baca oleh QR (Quick Response). Sama halnya seperti sebuah barcode. Namun perbedaannya adalah kalau barcode hanya memiliki sebuah informasi di balik garis-garis vertikalnya. Sedangkan QR Code mampu menyimpan secara horizontal ataupun vertikal. Maka dari itu, QR Code mampu menampung informasi lebih banyak daripada barcode.

Tanpa panjang lebar, sebenarnya QR Code bisa anda bikin untuk mempromosikan, menciptakan diferensiasi, atau sekedar lucu-lucuan yang sebenarnya itu merupakan sebuah trik sederhana untuk membangun sebuah brand. Mungkin itu sebuah produk, ataupun home page. Bagi orang yang sudah terbiasa dengan kode-kode QR biasanya akan cenderung penasaran dan men-scene kode QR yang sedang ada di hadapannya.

Kalau beberapa waktu yang lalu saya post mengenai cara menggunakan TeamViewer, tapi kali ini bagaimana memanfaatkan handset Android untuk membuat sebuah QR Code. Karena anda bisa membuat sebuah QR Code dengan cara yang sangat sederhana, bahkan caranya cukup mudah digunakan. Berikut cara membuat QR code melalui Android.

– Pertama, silahkan download aplikasi QR Droid. Atau bisa juga dari sini.

– Setelah itu, cari objek (produk anda) yang ingin anda buat QR Codenya.

– Jalankan aplikasi QR Droid, tap Create, trus silahkan pilih gambar yang ingin anda buat QR-nya.

– Setelah itu anda akan menemukan interface ‘time server’, itu merupakan jangka waktu penyimpanan produk anda yang telah di ubah menjadi QR code. Dan pada QR Droid anda akan menemukan waktu maksimal hanya 1 bulan. Terserah anda pilih yang mana. Selesai.

Sedangkan untuk membuat QR code untuk halaman website/blog, caranya tinggal klik tap ‘upload’ > Enter web page (masukkan halaman website / blog anda) > enter web page to encode. Selesai.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*