Portofolio

Dalam bidang ekonomi atau berbisnis, istilah portofolio memang sudah tidak asing lagi. Jika dikaji secara mendalam, sebenarnya portofolio ini memiliki beberapa kategori, tetapi saya disini hanya berbicara tentang portofolio yang harus dilakukan bagi yang menginginkan keamanan terhadap pendapatan. Sebelumnya, bahasa sederhananya dari portofolio adalah menanamkan asset tidak hanya pada satu tempat. Atau jika digambarkan, jangan menanamkan cinta kita sepenuhnya hanya pada seorang wanita melakukan investasi hanya pada satu jenis bisnis. Kalimat tersebut mungkin bisa memberikan gambaran pada anda tentang pentingnya portofolio.

Jika hanya mengikuti satu jenis program atau bisnis maka anda akan memiliki resiko yang cukup tinggi. Dengan hanya mengandalkan pendapatan dari bisnis yang anda lakukan ketika itu, sementara anda membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan anda. Namun ketika bisnis tersebut sudah tidak lagi memberikan profit atau bahkan jika bisnis tersebut kolaps, maka mau tidak mau anda harus memulai mencari bisnis lain yang bisa memberikan kehidupan baru. Untuk memulai sebuah bisnis dari awal, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu kita harus mencari trik-trik atau strategi yang harus dilakukan agar bisa mengembangan serta mendapatkan penghasilan sesuai dengan yang di harapkan.

Banyak para pebisnis yang melakukan portofolio untuk memberikan keamanan terhadap usahanya mendapatkan profit. Untuk melakukan portofolio, tidak diharuskan bermain pada jenis bisnis yang sama, tetapi anda juga dapat mencoba untuk melirik jenis bisnis lain. Kita mungkin sering membaca atau mendengar bahwa dalam berbisnis, portofolio merupakan sebuah strategi yang harus dilakukan.

Mengingat kondisi saat ini, banyak orang yang menggantungkan pendapatannya pada program paid to review. Bagaimana seandainya jika program paid to review tidak lagi bisa memberikan kita profit sesuai dengan yang diharapkan? Meskipun kontroversial, tapi itu memang sebuah pertanyaan yang mengerikan bagi saya dan juga mungkin bagi para blogger lainnya yang menggantungkan pendapatannya pada program paid to review. Meskipun mungkin anda tidak terlalu mengharapkan penghasilan dari dunia maya ini karena masih mendapatkan uang jajan dari ortu telah memiliki pekerjaan dan passive income, tetapi setidaknya hal tersebut dapat dijadikan sebagai pengalaman untuk belajar agar (minimal) dapat bertahan dengan bisnis yang dijalani.

Semoga saja itu tidak terjadi. Yang penting tetap optimis, berusaha, dan berdo’a, karena itu juga merupakan modal penting yang harus dimiliki dalam berbisnis online atau offline. Seperti kata pepatah Arab, “Jika kamu bersungguh-sungguh, maka kamu akan mendapatkannya”.


About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

4 Comments on Portofolio

  1. Atau jika digambarkan, jangan “menanamkan cinta kita sepenuhnya hanya pada seorang wanita” melakukan investasi hanya pada satu jenis bisnis. Kalimat tersebut mungkin bisa memberikan gambaran pada anda tentang pentingnya portofolio. <– kata2 ini bikin gw bingung ndy… hehehehe
    susah juga ndy gw orangnya type setia hehehe…. bingung bingung gimana caranya gw untuk berbagi cinta ke wanita lain selain pacar gw….. hihihihihi….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*