Pengendara motor, waspadai modus kejahatan ini

Banyak sekali modus kejahatan yang ada sekarang ini, dan uniknya, semakin kita mengantisipasi dari kejahatan, maka semakin pintar pula si pelaku kejahatan untuk melakukan modifikasi cara-cara yang dilancarkan kepada korbannya untuk mendapatkan tujuannya. Tapi bagi anda pengguna kendaraan bermotor, khususnya pengguna motor yang sering melakukan perjalanan malam waspadai salah satu modus kejahatan yang menurut saya adalah modus kejahatan lama tapi masih digunakan oleh pelaku hingga saat ini.

Jika dalam perjalanan ada orang yang menanyakan, “Kamu yang nabrak anak saya ya?”, “Kamu yang mukulin adik saya kemarin ya?”, ataupun pertanyaan sejenis yang menurut anda masih berhubungan dengan kalimat-kalimat seperti di atas, abaikan saja!

Karena pertanyaan tersebut merupakan cara pelaku untuk mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan aksinya. Ya, bisa jadi dia mau uang anda, dompet anda, hp, bahkan kendaraan anda, atau benda-benda lainnya yang menurut si pelaku adalah berharga. Dan dalam melakukan aksinya tersebut, biasanya pelaku tidak sendirian, mungkin dia berdua, atau bisa jadi lebih. Karena dengan begitu pelaku dapat membagi-bagi tugasnya sendiri-sendiri. Ada yang bertugas sebagai pemerhati keadaan (controller), tukang moop-nya alias yang akan melakukan gertakan secara frontal kepada calon korban, dan mungkin ada juga si penetralisir alias yang akan menyelesaikan masalah jika ada sesuatu yang terjadi ketika mereka melakukan aksinya. Menurut saya, kurang lebih begitulah kira-kira.

Bagaimana solusi menghindari kejatan?

Selalu waspada dengan tetap menjaga konsentrasi pandangan. Dengan begitu, anda akan siap, rileks, dan dapat tetap menggunakan logika jika seandainya ada hal-hal yang menurut anda mencurigakan. Terutama ketika anda sedang melakukan perjalanan pada malam hari, apalagi sendirian. Karena saat-saat tertentu, biasanya pelaku kejahatan akan mengawali aksinya dengan cara mengalihkan pandangan si korban.

So, keep calm and safe riding..!

Baca juga : 4 modus sms penipuan

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*