Panduan Listing Barang di eBay

Panduan jual barang di eBayPunya barang yang unik, atau dirasa cukup langka dan berniat mau ngejual? Selain memanfaatkan situs jual beli lokal, nggak ada salahnya juga kamu memanfaatkan salah satu situs jual beli (yang juga menerapkan sistim lelang) terbesar di dunia. Yup, eBay. eBay sudah tidak asing lagi bagi para penjual ataupun pembeli yang suka mencari produk unik, berkualitas, dan murah pastinya dengan cara online.

Berhubung mau bantu-bantu babeh yang mau jual barang koleksinya, trus karena saya sendiri pernah punya pengalaman jualan di eBay dan ternyata berhasil terjual, selain memanfaatkan situs jual beli lokal saya jadi punya ide untuk listing di eBay. Ok, kalau kamu kebetulan juga punya barang dan mau listing di eBay, saya akan share secara sederhana bagaimana cara jualan barang di eBay. Disini Andy tidak menjelaskan bagaimana cara membuat account di Ebay, karena saya menganggap kamu telah memiliki account disana. Kalau belum punya account di eBay dan bingung bagaimana cara daftar eBay, silahkan Googling dulu.

Tanpa ba bi bu, berikut cara listing barang di ebay :

1. Silahkan login menggunakan account kamu, kemudian klik feature ‘sale’.

2. Untuk memulai listing, lalu silahkan isi judul atau nama barang yang ingin kamu jual pada kolom listing. Agar barang yang kamu jual lebih spesifik dan tertarget, pastikan untuk menentukan kategorinya dengan cara mengklik ‘browse categories’. Silahkan tentukan kategori barang yang kamu jual tersebut. Jika dirasa sudah ok, klik ‘continue’.

3. Setelah itu kamu akan kembali ke halaman ‘create your listing’. Inilah waktunya kamu untuk memberikan deskripsi yang menggambarkan barang jualan kamu. Pastikan untuk mengisi kolom yang dirasa penting. Seperti condition description, berapa lama barang akan di tayangkan, photo, detail item, harga (lelang / fix price), shipping, serta sistim pembayaran. Kalo semuanya dirasa sudah ok, klik ‘continue’.

4. Secara otomatis kamu akan menuju listing fees review, atau lebih tepatnya biaya listing yang akan dikenakan pada kamu dari pihak eBay. Next, kalau dirasa masalah fee juga kamu rasa sudah ok, silahkan klik ‘list your item’.

Viola, sekarang barang jualan kamu sudah terlisting / terbit di eBay. Kamu akan mendapatkan email notifikasi bahwa barang kamu berhasil di listing barang di ebay, atau kalau masih penasaran apakah sudah terpublish atau belum, silahkan cek sendiri di eBay dengan mengetikkan kata kunci dari nama barang yang kamu jual tadi. sekarang, waktunya berdoa dan berharap ada pembeli yang tertarik dengan barang yang kamu jual tersebut.

Ok, meskipun cara jualan barang di eBay ini cukup sederhana apalagi tanpa informasi yang detail, semoga cukup membantu. Terutama bagi kamu yang mau coba peruntungan berjualan di eBay.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*