Oh Klinik Tong Fang

Klinik Tong FangSudah beberapa hari terakhir ini, siapa sih yang nggak tahu dengan salah satu klinik pengobatan China yang lagi marak-maraknya karena iklannya yang sensasional. Yang terjadi saat ini justru iklan Klinik Tong Fang menjadi boomerang bagi brand-nya sendiri. Bahkan jokes klinik Tong Fang versi lucu-lucuan banyak sekali kita temukan, saking banyaknya, saya sudah merasa ngap sama kata-kata “Terima kasih Klinik Tong Fang..”.

Baru saja ingin melupakan tentang fenomena ini, ketika lagi browsing-browsing ternyata salah satu forum tercinta saya membahas masalah tentang asal usul atau awal berdiri klinik Tong Fang.

Mr.Xi, pria yang lahir 52 tahun silam di negeri Tirai Bambu ini mendirikan sebuah klinik yang menangani berbagai penyakit dengan teknik serta metode pengobatan China. Klinik Tong Fang yang telah melakukan pengobatannya selama dua tahun belakangan ini merupakan cabang dari Rumah Sakit Tong Fang yang berada di China. Spesifik pengobatan yang dilakukan oleh klinik ini adalah penyakit kangker, dimana menggunakan teknik pengobatan TCM (Traditional Chinese Medicine) yang pada prakteknya telah berhasil mengobati banyak orang. Klinik ini sebenarnya adalah cabang langsung dari Rumah Sakit Tong Fang di China.

Itulah sedikit tentang klinik Tong Fang. Bahan baku dan izin klinik memang telah dikantongi oleh klinik ini, namun iklan Klinik Tong Fang telah menyalahi peraturan Menteri Kesehatan RI tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan serta Pedoman Periklanan Obat Tradisional. Bahkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga menganggap iklan klinik Tong Fang terkesan berlebihan.

Biaya pengobatan Klinik Tong Fang yang kabarnya jutaaan rupiah ini sekarang menjadi pro dan kontra, Klinik Tong Fang memang fenomenal. Karena fenomenalnya, secara tidak langsung klinik Tong Fang bukanlah berada di Kelapa Gading saja. Tapi juga ada di handphone, social media seperti status Facebook atau Twitter, ataupun di media massa. Tetapi telah tersimpan di bibir, bahkan Klinik Tong Fang menurut saya seakan menjadi sebuah brain awareness ketika kita bicara mengenai obat-obat atau pengobatan China :mrgreen:

“Dulu, pacar saya kawin lari sama laki-laki lain,
Badan saya seakan lemas merasa frustasi,
Sampai akhirnya teman saya menganjurkan berobat ke Klinik Tong Fang.
Setelah 3x pengobatan, akhirnya saya punya pacar baru lagi.
Terima kasih Klinik Tong Fang..”

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*