Ngeblog juga kudu sabar

Teringat waktu pertama kali saya belajar membuat blog sampai sekarang ini. Dan ternyata, selain ngeblog itu mengasyikkan, dengan blog kita bisa saling berbagi informasi yang berhubungan dengan hal-hal apapun, tanpa batas ruang dan waktu. Secara detailnya coba cek kata Om Wiki mengenai apa itu blog. Udah..?? Selain itu yang uniknya, siapapun bisa ngeblog. Anak-anak, remaja, atau dewasa, bahkan saya pernah membaca di sebuah majalah yang menuliskan tentang seorang nenek-nenek berumur 72 tahun yang suka ngeblog. Ck..ck..ck..!

Ngomong-ngomong soal blog, ngeblog kaya’nya mudah, tapi jangan salah.. sebenarnya ngeblog bukan hal yang mudah lho, Selain membutuhkan ilmu ngutak-ngatik blog agar blog terlihat menarik, masalah waktu, inspirasi, atau finansial kadang-kadang juga bisa melunturkan niat kamu untuk ngeblog. Ditambah lagi dengan memikirkan bagaimana untuk bisa bertahan meng-up date blog serta bagaimana caranya untuk mendapatkan traffic yang bagus. Ribet kan..?!? Tapi bagi yang sudah master dalam hal SEO, itu bukan hal yang sulit 🙂

Bagi yang suka ngeblog, dan ingin menjaga blog-nya agar tetap di lirik oleh search engine, yang terpenting adalah terus meng-up date blog kamu. Meskipun kaya’nya tulisannya nggak bermutu, asalkan tidak ada yang di rugikan, jangan minder atau takut. Apalagi kalau punya blog dengan judul/tema personal blog kaya saya ini, kamu bebas menuliskan tentang hal-hal apapun yang bermanfaat untuk orang lain. Belajar dengan sabar, dan juga harus ikhlas tentunya. Kenapa kok harus ikhlas?? Itu untuk mengantisipasi agar tidak menjadi seperti saya yang sering merasa kesulitan untuk ikhlas nge-blog karena mata duitan 😀

Bagi yang baru mau belajar ngeblog cuma karena mau mendapatkan uang dari blog, kubur dulu sementara niat itu dan mulailah dengan ikhlas dulu. Dengan itu, secara perlahan kamu bisa mengetahui tentang semua hal-hal yang seharusnya kamu ketahui seputar ngeblog dan juga bagaimana caranya cari uang dari blog. Dan bagi yang beranggapan negatif tentang ngeblog, itu tidak benar. Seperti kata orang, “Tak kenal maka tak sayang”. Karena dengan ngeblog, selain biar nggak gaptek, kamu juga bisa belajar bagaimana caranya untuk menuangkan isi pemikiran kamu ke dalam bentuk tulisan, bisa membagikan informasi yang bermanfaat, menambah wawasan, berani untuk berekspresi, mendapatkan uang dari blog itu sendiri, dan masih banyak lagi. Tapi.., untuk bisa mengerti dan mendapatkan semuanya itu ternyata harus sabar lho.., karena dengan kesabaran itu sendiri kamu bisa mendapatkan ilmu ngeblog, termasuk seni ngeblog itu sendiri. Gimana ..? Belajar lagi yuk..

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*