Motor terpaksa melewati banjir, ini tipsnya

Tips melewati banjir saat berkendara menggunakan motorDi saat musim banjir tidak sediki para pengguna sepeda motor yang harus mendorong motornya karena mogok. Keterpaksaan karena tidak ada jalan alternative membuat pengendara mau tidak mau harus menerobos banjir. Resikonya, saat mesin kemasukan air harus mempersiapkan tenaga ekstra untuk mendorong dan membongkar motor anda ke bengkel terdekat. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk menerobos banjir, anda hanya memiliki dua pilihan. Cari jalan alternatif lainnya untuk sampai tujuan, atau mencoba berspekulasi menerobos banjir dengan harapan tanpa mengalami mogok.

Nah, untuk menghindari motor mogok karena banjir ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan ketika anda harus melewati banjir menggunakan motor.

1. Poin pertama yang harus anda perhatikan saat menerobos banjir menggunakan sepeda motor adalah memperhatikan kondisi jalan. Ini untuk menghindari seaindainya jalan yang tergenang terdapat lubang yang membuat ban motor anda slip atau tergelincir. Pastikan anda memilih jalan yang genangan airnya relatif dangkal. Anda bisa melakukannya dengan berjalan perlahan sambil melihat dan mengikuti pengendara lainnya yang berada di depan anda.

2. Selain harus menghindari lubang, cobalah untuk menghindari genangan air yang memiliki arus deras. Jika anda harus melewati genangan air yang memiliki arus cukup deras, cobalah untuk tetap menjaga keseimbangan agar terpengaruh karena goyangan dari arus air. Pengendara yang melewati jalan dari arus berlawanan biasanya akan menyebabkan air menjadi berarus, maka dari itu tetaplah berhati-hati.

3. Untuk menjaga tarikan motor tetap ringan, posisikan perseneling pada gigi satu. Jangan membuka gas anda dengan cara naik turun, tapi teruslah pacu gas dengan stabil. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke dalam mesin, baik melalui karburator ataupun knalpot.

4. Bagi pengguna motor matic, jangan melakukan pengereman secara mendadak. Tetap pacu gas dengan stabil dan gunakan rem depan dan belakang dengan perlahan. Ini untuk menjaga kinerja rem motor anda agar tetap berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Kendaraan Anti Banjir yang Kreatif

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*