Monetisasi – belajar sambil melakukan

Semakin bertambahnya orang yang tertarik untuk membuat sebuah blog, menjadikan dunia maya menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Banyak sekarang ini yang mulai membuat blog sebagai tempat untuk berapresiasi, menuangkan perasaannya, membagi ilmu, menulis ide, dan bahkan menjadikan blog sebagai media yang bisa memberikan income. Awalnya, mungkin seorang blogger hanya berniat untuk ngeblog atas dasar sebagai bentuk dari apresiasi mereka. Namun perlahan, ketika mulai mengerti dan melihat sebuah peluang, justru mereka menjadi berubah tujuan.

Sebuah siklus perbloggeran (halah, jadi belibet… :-D) yang menarik dari hal tersebut. Hal yang wajar jika seorang blogger mengalami perubahan dari tujuan awalnya, karena hal tersebut merupakan hak yang bebas untuk ditentukan oleh setiap individu (blogger) yang ingin mencoba mencari uang secara online. Tetapi pada sisi lain, justru banyak orang yang menganggap bahwa ‘menghasilkan uang dari blog/internet adalah mustahil’. Saya yakin, mungkin ada salah satu dari anda yang pernah mendengar sebuah ejekan kalimat dari seorang teman atau keluarga anda yang mengatakan hal seperti itu. Jika tidak ada, bersyukurlah. Tetapi jika ada, jadikan hal tersebut menjadi sebuah cambuk yang dapat memotivasi anda untuk mencari sebuah peluang atau program-program yang bisa anda ikuti sebagai tempat yang bisa memberikan kontribusi dalam financial anda.

Jika anda hanya menginginkan ngeblog sebagai tempat anda berapresiasi, itu adalah awal yang sangat bagus. Karena itu akan membawa anda pada suatu orientasi yang bisa menjadikan anda menjadi seorang blogger yang berkomitmen dan tetap eksis untuk ngeblog. Segala sesuatu yang dimulai dengan tujuan yang positif, itu akan menjadikan anda memiliki banyak ide atau sebuah pemikiran yang akan menuntun anda ke arah yang positif pula. Dengan melakukan suatu hal secara berkesinambungan, anda akan mendapatkan banyak pelajaran serta pengalaman yang mungkin juga bisa menjadi sebuah peluang. Secara perlahan anda akan menemukan peluang yang bisa menjadikan anda blog addict mengembangkan tujuan untuk langkah selanjutnya. Apakah itu membuat toko online, bisnis affiliasi, membuat suatu forum, atau minimal anda dapat memulai dengan program paid to review. Banyak hal yang bisa didapatkan, haus dengan informasi dapat memberikan anda sebuah petunjuk apa yang bisa anda lakukan.

Untuk dapat memonetisasi blog, yang pastinya anda harus memiliki sebuah blog yang memiliki content berkualitas serta traffic yang lumayan bagus. Memenuhi hal tersebut bukanlah sebuah hal yang bisa didapatkan secara cepat dan mudah, butuh proses untuk bisa mendapatkan peringkat di mata google. Hal yang wajar jika anda melakukan berbagai cara untuk optimisasi agar mendapatkan peringkat dari google, tapi jika anda memiliki content yang berkualitas justru akan memberikan traffic serta posisi yang bagus pada Seach Engine secara alami. Jika blog anda telah mendapatkan peringkat dari google, minimal anda bisa mencoba untuk memulainya dengan mengikuti TLA. Selain dari itu, jika blog anda memiliki content yang bagus anda bisa mendapatkan pengunjung yang selalu setia mengunjungi blog anda.

Tidak ada satupun yang bisa didapatkan dengan istant, meskipun anda mungkin telah memiliki sebuah blog yang bisa anda jadikan sebagai modal untuk tahap permulaan, tetapi bukan berarti anda bisa merasa aman senang dengan keadaan tersebut. Teruslah untuk selalu memperbaiki dan mempelajari sistim anda untuk mencapai tujuan, dengan melakukan secara berkesinambungan anda dapat mengevaluasi kembali dari apa saja yang telah anda dapatkan meskipun itu hanyalah sebuah hal kecil.

Ketika anda mulai mencoba untuk memonetisasi blog, jangan pernah mengeluh jika anda hanya mendapatkan receh, karena semua berawal dari sesuatu yang kecil sebelum menjadi besar. Orang-orang yang telah sukses dalam bisnis yang digelutinya justru mengumpulkan receh demi receh sehingga mereka mampu menjadikan bisnisnya tersebut sangat berkontribusi dalam financial mereka.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

5 Comments on Monetisasi – belajar sambil melakukan

  1. kalo saya bacanya cape…puanjanggg sepertinya…dan kurang variasi warna nih.. pendapat lo mas…., ato mungkin juga karna saya yg lagi senewen abis digetok google slam to zero gtu 🙁

    oh ya salam kenal yah 🙂

  2. @arham: wah.., terima kasih atas masukannya nih mas arham 🙂
    masalah variasi, itu emang jadi masalah juga bagi saya, maklumlah baru belajar, masih belum ngerti script & php buat ngubah template. abis digetok google, getok lagi aja google-nya mas… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*