‘Meriam tua’ yang terlupakan di Gunung Padang

Meriam Tua di Gunung Padang, www.andifebrian.com, andy febrianGunung Padang, atau lebih sering di sebut dengan Gunung Siti Nurbaya yang berada di kecamatan Padang Selatan, Padang – Sumatera Barat ini memiliki sebuah saksi bisu peninggalan perang dunia ke-II. Meriam yang digunakan oleh tentara Belanda untuk pertahanan jika tentara Jepang datang. Berada di dalam bunker dengan luas sekitar 5×5 meter, memiliki satu buah lorong serta ruangan yang yang kononnya digunakan sebagai gudang senjata oleh pihak Belanda. Sedangkan lokasi Gunung Padang dulunya digunakan sebagai tempat penyaluran rempah-rempah bagi koloni Belanda.

Meriam tua dengan berat sekitar 30 ton ini kata penduduk setempat hanya satu-satunya meriam yang tersisa. Karena di sekitar lokasi Bukit Siti Nurbaya ini dulunya terdapat beberapa meriam, namun banyak warga yang tidak bertanggung jawab yang mengambilnya untuk di jual ke tempat penampungan besi bekas. Hhmm.., sayang kan.. ๐Ÿ˜

Ups.., hampir lupa. Satu lagi, tidak jauh dari tempat meriam tua tersebut, terdapat sebuah benteng (yang menurut saya adalah bagian depan/pintu masuk ke benteng) Belanda yang kondisinya sudah tidak utuh dan tertutup oleh alang-alang.

Ketika saya berjalan menuju ke puncak bukit, suasana magis-nya alamnya masih asri. Kicauan burung yang menyatu dengan deburan ombak membuat otak sedikit rilex. Bahkan, di sepanjang perjalanan kita bisa menemukan sekelompok kera yang sepertinya sudah cukup jinak dengan manusia. Kemudian selain itu, di sekitar lokasi ini juga menjadi tempat favorit untuk memancing. Dengan pemandangan yang cukup menawan, dari lokasi ini mata kita akan langsung mengarah ke Pantai Padang. So, jika hari libur, kita bisa melihat keramaian pengunjung yang sedang berada di sekitar Pantai Padang.

Sekedar sharing, berikut foto-fotonya :

Namun yang sangat disayangkan, lokasi Gunung Padang ini justru tidak cukup ramai oleh pengunjung. Kalaupun ada, paling hanyalah orang-orang yang mau memancing, atau sepasang muda mudi yang merasa โ€˜dunia ini miliki dia berdua :mrgreen: Tapi.., jika anda sempat berkunjung ke Kota Padang, daripada penasaran, nggak ada salahnya silahkan anda mengunjungi Gunung Padang ๐Ÿ™‚

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*