Menikmati karya seni

Seni, sebuah penilaian serta persepsi yang bersifat relatif. Bahkan kadang-kadang kita memiliki perbedaan pendapat serta penilaian dari sebuah arti serta makna dari seni itu sendiri. Ketika seseorang mengatakan sebuah objek itu indah, belum tentu anggapan tersebut sama dengan anggapan kita. Dalam segi keilmuan, ilmu seni itu sendiri terdiri dari banyak bidang. Mungkin jika anda mencoba browse, banyak sekali bidang yang tergolong dalam kategori seni, seperti seni musik, seni patung, seni lukis, dan masih banyak lagi. Kemudian berdasarkan Mas Wiki, arti seni itu sendiri sangat sulit untuk dijelaskan.

Makna seni itu sendiri memang hanya dapat dinilai berdasarkan pandangan serta persepsi masing-masing individu. Tapi menurut pribadi saya sendiri, seni itu juga merupakan hasil karya serta ekspresi individu yang membuatnya, serta dinilai berdasarkan kacamata dan perasaan juga dari sisi mana setiap individu menilai objek terhadap sebuah makna seni itu sendiri. Seperti seni tato, bagi sebagian orang seni tato adalah sebuah wujud ekspresi yang menyimpan keindahan dan diabadikan pada tubuh mereka. Meskipun saya sendiri (atau mungkin anda juga begitu) mengartikan seni tato adalah seperti itu, namun bagi orang lain, mereka belum tentu akan menuangkan ekspresi tersebut pada tubuh mereka.

lukisan.JPGContoh lainnya adalah ketika terjadi sebuah perbedaan pendapat antara saya dengan orang tua saya tentang keindahan sebuah lukisan. Meskipun hanya sebuah lukisan ayam, namun saya melihat sebuah keunikan serta nilai plus dari lukisan tersebut, namun orang tua saya memberikan sebuah penilaian dari makna dan karakteristik orang yang melukis lukisan tersebut. Huff…, benar-benar membingungkan. Tapi ternyata itulah sebuah seni, selain itu sebuah pembuktian bahwa terkadang sebuah objek tidak selalu memiliki arti atau makna yang sama. Mungkin anda akan merasakan hal tersebut ketika melihat sebuah keindahan dari sebuah karya seni, atau mungkin ketika anda berada pada Gallery Seni. Menikmati suasana ketika berada pada Gallery Seni memang sangat mengasyikkan, image terhadap ‘keindahan’ menyelimuti setiap objek yang ada di dalamnya. Tapi bagi orang yang tidak menyukai seni, tentu itu tidak akan berpengaruh.

Seni dan keindahan adalah satu, tapi belum tentu semua seni itu indah.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*