Mengenal tipe-tipe buyer / pembeli di Online Shop

Tipe-tipe dan karakteristik buyer online shopNggak kerasa sudah hampir tiga tahun saya bergelut dengan dunia online shop. Memang belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dompet saya. Tapi setidaknya saya sangat bersyukur karena pendapatan yang tidak seberapa saya dapatkan dengan cara yang halal. Selain itu yang harus saya syukuri adalah pengalaman yang telah didapatkan dari jualan lewat online shop.

Kalau beberapa waktu lalu saya share mengenai hal yang harus diketahui sebelum membeli tshirt di online shop, kali ini saya akan sharing beberapa pengalaman yang saya dapatkan. Khususnya mengenai karakter atau tipe-tipe buyer online shop yang kadang-kadang bikin ketawa, senang, happy, hingga bikin bad mood jadi tambah meledak. Tanpa beberapa paragraph mukadimah, simak karakteristik atau tipe-tipenya di bawah ini :

1. Simple

Sesuai dengan artinya. Simple, atau sederhana. Pembeli tipe ini tidak banyak Tanya. Kalaupun bertanya, paling hanya menanyakan hal-hal umum seperti ketersediaan stock barang, no rekening, atau biaya pengiriman. Setelah kita menanggapi pertanyaannya, pembeli tipe Simple ini langsung transfer.

2. Suka nawar

Hhmm, pembeli adalah Raja. Selain itu sebagai calon pembeli juga memiliki hak-hak yang harus diketahuinya. Baik itu mengenai spesifikasi atau detail barang yang akan di beli, juga termasuk harga. Jangan heran jika anda menemukan pembeli yang suka nawar, atau mengalami negosiasi yang alot. Tapi biasanya, pembeli tipe ini akhirnya tetap akan melakukan transaksi dengan harga yang telah di tetapkan, atau dengan harga yang telah diberikan sedikit diskon. Faktanya, biasanya pembeli tipe ini adalah kaum perempuan.

3. Tipe ‘Afgan’

Afgan adalah salah satu penyanyi terkenal anak bangsa. Dan salah satu judul lagunya yang pernah menjadi hits menjadi istilah di salah satu forum terbesar Indonesia. Sadis. Yup, pembeli tipe sadis terkadang benar-benar menguras tenaga, fikiran, dan perasaan. Kenapa begitu?! Seperti poin di atas, selain dia akan melakukan penawaran, tetapi harga yang diinginkan benar-benar sadis. Jika anda dalam kondisi bad mood, siap-siap untuk segera tarik nafas dalam-dalam dan mengucap “Astagfirullah….”. Tapi meskipun begitu, dia adalah calon pembeli. Anda tetap harus berusaha dengan extra sabar dan tetap professional dalam menanggapinya.

4. Tipe cerewet

Pembeli dengan tipe ini merasa ingin benar-benar dilayani dengan full service. Karena ketika anda tidak menjawab pertanyaannya, anda juga harus rela kehilangan penjualan dan kepercayaan seorang pembeli. Kalaupun anda menganggap itu bukanlah masalah, tapi anda harus menyadari kembali bahwa salah satu kekuatan serta kepercayaan pembeli dalam melakukan belanja online adalah melalui mulut. Yup, bisa jadi calon pembeli tersebut direkomendasikan dari temannya, atau bisa juga dia akan memberikan informasi yang negatif pada teman-temannya mengenai toko online anda hanya karena anda tidak memberikan responnya. So, sabar dan tetap layani dengan sepenuh hati.

5. Tipe percaya nggak percaya

Bingung kan lihat nama poinnya. Saya sendiri juga bingung mau kasih nama apa terhadap pembeli tipe ini. intinya pembeli tipe Percaya nggak percaya akan merasa was-was atau khawatir untuk membeli barang di toko online anda, tetapi kenyataannya dia membeli barang di toko anda. Jadi, jangan heran jika dia akan bertanya secara detail lokasi anda, sudah berapa lama jualan, kapan barang di kirim, atau no resi pengiriman, dsb. Lucu memang, pembeli tipe ini merasa percaya / nggak percaya pada toko online anda, tapi akhirnya tetap beli juga.

6. Tipe Bid & Run

Setelah calon pembeli menentukan barang yang akan di beli & mengetahui total keseluruhan yang harus di bayar dari transaksinya, dia malah justru pergi entah kemana rimbanya. Pembeli tipe Bid & Run ini menurut saya adalah seorang PHP, alias Pemberi Harapan Palsu. Dengan kata-kata manisnya, dia akan membuat anda mendapatkan informasi yang terperinci dan ujung-ujungnya nggak ada kabar. Bisa saja karena berubah fikiran, atau dia adalah seorang competitor anda yang ingin mengetahui sistim serta pelayanan anda. Sabar dan tetap positif thinking aja. Karena rejeki sudah ada yang ngatur dan nggak bakalan ketuker.

Itulah dia karakteristik pembeli yang harus diketahui dan sering ditemui ketika anda berbisnis dengan cara online. Tips jualan online dari saya, apapun dan siapapun calon pembeli anda, jangan lupa untuk melayaninya sepenuh hati, fast respond, dan sabar.

Baca juga : Langkah-langkah sebelum membuat toko online

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*