Mengatasi ErrorCode 777 pada modem USB

Dengan modal modem USB yang dihubungkan ke laptop adalah salah satu alternatif saya untuk tetap bisa internetan. Asalkan anda berada pada coverage sinyal provider yang digunakan, sudah pasti ini akan sangat mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet. Tapi kali ini permasalahan yang saya alami saat menggunakan modem CDMA EVDO rev A jadul pake kartu Smartfren, kok tiba-tiba nggak mau connect internetnya. Entah modem ini rusak, jaringan yang lagi error, atau laptop saya yang bermasalah. Padahal beberapa hari yang lalu sewaktu saya pakai modem ini baik-baik aja.

Saya mencoba restart modem dan laptop, tidak ada perubahan. Dan saya pun coba search dan mencari solusinya mengenai cara atasi error 777 pada modem Smartfren, tetap tidak ada hasil. Saking penasarannya, saya coba restart kembali modem dan laptop, masih tetap nggak bisa. Sampai-sampai, berhubung rasanya saya udah nggak tahan sama koneksi internet lemot speedy dan saya perlu banget koneksi internet, saya pun menggunakan cara rimba ala McGyver jaman dulu sama modem jadul saya. Kalau anda pernah nonton film yang ditayangkan di salah satu stasiun tv, pasti tau sama McGyver yang punya seribu akal setiap menghadapi siatuasi genting. Saya pun sok-sok mencari akal untuk mencari solusi semua ini dan memodifikasi modem saya seperti gambar di bawah ini demi mendapatkan koneksi internet :mrgreen:

Cara mengatasi ErrorCode 777 pada Modem USB

Itu pake kertas timah rokok + disangkutin clip, dengan maksud dan tujuan biar sinyalnya makin kuat. Nggak tau deh cara itu bener apa nggak, namanya juga sok-sok jadi McGyver. Trus hasilnya gimana? Masih tetap nggak mau tersambung ke internet. Wkwkwk, inilah seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu mengenai tantangan cari uang online.

Finally, saya menggunakan jurus terakhir dan mengingat salah satu kekurangan menggunakan internet Smartfren, yaitu billing-nya sering error. Ya udah deh, dengan berspekulasi, saya coba daftar lagi paket internet harian Smartfren. Saya restart laptop lagi trus colokin modem, dan akhirnya, tralalala… Port connected.. dan berhasil. Sebenarnya setahu saya ErrorCode 777 disebabkan karena jaringan yang lagi error. Tapi nggak tau kenapa eksperimen saya di atas berhasil. Mungkin lagi beruntung aja.

Satu hal lagi nih yang pengen saya share bagi anda yang suka menggunakan paket harian Smartfren. Biiling-nya yang sering error kadang-kadang bikin kita rugi. Kenapa? Saya sudah beberapa kali mengalami hal ini. Ingat, ketika anda melakukan registrasi / daftar paket harian intenet Smartfren, jangan tertipu dengan message fail!

Contoh kasusnya, sewaktu anda daftarin paketnya dengan cara sms dan ternyata sms tersebut gagal, cek kembali pulsa anda. Karena meskipun pesannya gagal terkirim tapi biiling smartfren sudah motong pulsa dan sebenarnya paket internet anda sudah aktif. Tapi karena adanya notifikasi message failed tersebut, bagi yang tidak tahu pasti akan melakukan daftar ulang sampai mendapatkan sms notifikasi bahwa paket internet yang anda ambil telah berhasil, dan ujung-ujungnya pulsa anda akhirnya terpotong 2x kan.

Meskipun jumlah nominalnya nggak seberapa, tapi kalau beberapa kali kejadian kaya gini kan lumayan juga ruginya. Apalagi bagi blogger kere seperti saya, malahan bukan cuma bagi saya aja, tapi bagi user lainnya. Karena pemotongan pulsa tanpa alasan itu ya menyebabkan kerugian bagi pelanggan. Hhmm, jadi nggak fokus nih. Intinya, penyebab ErrorCode 777 adalah karena provider jaringan yang anda gunakan sedang gangguan atau bermasalah. Dan ketika itu terjadi, silahkan pilih beberapa alternatif. Ganti kartu, cari koneksi atau WiFi gratis, atau shut down down dan offline.

Akhir kata, semoga bermafaat đŸ™‚

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*