Menerima kritik sebagai hal yang luar biasa

Ungkapan judul di atas terkadang rasanya sulit untuk diterima, terutama jika EGO kita telah berada di posisi yang powerfull. Sederhananya, terlalu powerfull untuk dikalahkan, terlalu powerfull untuk disalahkan, atau terlalu powerfull untuk diganggu ataupun terganggu. Namun bagaimana jika sebaliknya? Ketika kamu berada pada posisi yang nyaman, hanya karena sebuah kata-kata atau kalimat yang justru sebenarnya merupakan sebuah demonstrasi kata-kata yang akhirnya membawa fikiran kamu menjadi lebih senang, bahagia, dan pastinya merasa dimanusiakan.

Pujian memang suatu hak bagi semua orang. Tetapi perlu kita sadari bahwa sebenarnya pujian yang berlarut-larut dalam fikiran kita akan menenggelamkan kita pada hari esok, apalagi jika pujian yang didapatkan membuat diri seakan terlihat telah SEMPURNA.

Terinspirasi dari seorang yang meninggalkan jejak di tempat saya ngoceh ini, maka dari itu saya sedikit berbagi pengalaman sekaligus sedikit memberikan feed back terhadap diri saya sendiri yang bukanlah pemilik dari sebuah kata ‘kesempurnaan’.

Menulis sebuah postingan bagi seorang blogger terkadang haruslah memiliki mental, terlebih jika hal yang di tulis bersifat pro dan kontra. Sama halnya seperti yang pernah saya post beberapa waktu lalu, membuat semua orang senang rasanya sangat mustahil, karena bukankah di dunia ini selalu memiliki pasangan?

Well,, Jika kamu (yang kebetulan) juga seorang blogger ataupun seseorang yang sedang mendapat kritikan, anggaplah itu suatu hal yang luar biasa. Setiap kritikan yang kita terima (baik itu logic atau tidak), dapat kita jadikan sebagai senjata ampuh untuk bermanuver menjadi lebih baik, serta menilai dan melihat seberapa besar diri kita.

Seperti sepenggal kalimat bijak yang kebetulan muncul dalam fikiran saya,

“Mendapatkan pujian itu adalah hal biasa, tetapi mendapatkan suatu kritikan itu sangatlah luar biasa”.

So, apapun aktivitasmu, apapun karyamu, apapun hal positif yang sedang kamu rencanakan, let’s do it, and next, let people judge who are you. Positif atau negatifkah? Yang penting teruslah lakukan dan lakukan hingga buahnya bisa kamu petik 🙂

NB : Thanks for all readers, yang sudah banyak memberikan kritikan pedas, atau celaan pahit untuk setiap postingan saya di blog ini. Without you I can’t stay here

About Andy Febrian 532 Articles

Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*