Menelusuri fakta serta keunikan di balik ilusi optik

Indera penglihatan manusia memiliki penilaian yang berbeda-beda, tergantung dari bagaimana dan dari sudut mana suatu objek yang sedang di lihat. Istilah ilusi optik sudah menjadi pembicaraan menarik beberapa tahun belakangan ini, bahkan saya yakin anda seringkali mengalami hal ini secara langsung. Baik itu pada suatu objek yang sedang tidak bergerak maupun berupa gambar.

Berdasarkan penelusuran saya yang sejak kemarin penasaran terhadap ilusi optik, sebenarnya ilusi optik sendiri sudah mulai diteliti dan ditemukan sejak tahun 450 Sebelum Masehi. Walaupun mungkin pada hanya sebatas objek yang diam, secara perlahan ilusi mata mulai di buat sebagai wujud bahwa pada dasarnya mata juga dapat dikelabuhi. Dengan goresan-goresan dan sudut tertentu, jangan heran bila anda terkadang bisa tertipu dengan pemikiran yang dihasilkan dari penglihatan anda sendiri. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, anda bisa menyaksikan beragam ilusi optik yang terlihat aneh tapi nyata.

Baca juga artikel : Mengenal keanehan di balik dejavu

Gangguan penglihatan yang mengakibatkan kinerja otak dalam menerima sensor ini secara dasarnya disebabkan karena dua hal, yaitu ilusi fisiologis dan ilusi kognitif. Dimana ilusi fisiologis terjadi akibat mata dan otak menerima rangsangan yang berlebihan, sedangkan ilusi kognitif terjadi akibat faktor eksternal yang ada dalam otak atau pikiran kita sendiri. Cukup kompleks rasanya kalau menjabarkan tentang ilusi optik, tetapi rasa penasaran saya sepertinya bisa menjadi sedikit gambaran mengenai hal ini, dan mengapa itu bisa terjadi.

Well, sebagai bonusnya, berikut beberapa gambar yang bisa menjadi contoh ketika mata dan otak tidak sinkron alias jadi pusing.

Gambar Ilusi optik 1

Gambar Ilusi optik 2

Gambar Ilusi optik 3

Gambar Ilusi optik 4

Gambar Ilusi optik 5

Nah itu dia, tapi kalau anda mau tahu ilusi optik yang berkonsep modern beserta penjelasannya, saya menemukan sebuah video yang sebenarnya sudah cukup lawas di youtube dengan penjelasannya lebih detail lagi. Silahkan di buffer.., semoga bermanfaat.

See Optical Illusions video :

Baca juga : Jangan remehkan sebuah firasat

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*