Menambah pengalaman dengan jalan-jalan

Mungkin anda sering mengunjungi suatu daerah, lokasi, ataupun tempat, untuk mengunjungi teman atau saudara. Atau hanya sekedar jalan-jalan di sekitar tempat tinggal atau kota dimana anda tinggal?

Sebelumnya perlu diketahui, jalan-jalan sebenarnya bukan hanya untuk dapat menikmati pemandangan, bersilaturahmi (ketika mengunjungi teman atau saudara), juga bukan hanya untuk refreshing atau sekedar menghilangkan stress. Tapi jalan-jalan ternyata juga memiliki beberapa manfaat lainnya.

Selain untuk menghilangkan stress, jalan-jalan juga dapat menambah pengalaman. Dengan mengunjungi suatu daerah/tempat, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi suatu daerah, lokasi, ataupun suatu tempat tersebut secara pasti. Mungkin itu masyarakatnya, budaya, keunikan, atau mungkin potensi tempat tersebut. Berkaitan dengan hal itu, manfaat jalan-jalan juga dapat bermanfaat untuk melihat peluang. Maksud peluang disini adalah, jika anda (mungkin) ingin mencari usaha/bisnis yang bagus di suatu tempat, secara tidak langsung jalan-jalan yang anda lakukan tersebut bisa dikatakan sebagai survey. Bagaimana kondisi, keadaan, budaya, perekonomian, dan tempatnya disana. Dengan kunjungan secara langsung tersebut anda bisa menarik kesimpulan, bisnis apa yang bagus di tempat tersebut? Atau apakah cocok dengan bisnis yang (mungkin) ingin anda buka?

Kemudian dengan jalan-jalan kita secara tidak langsung bermanfaat sebagai terapi terhadap diri kita sendiri, terutama ketika melihat suatu pemandangan. Bagaimana penilaian anda ketika melihat pemandangan tersebut? Meskipun pemandangannya indah, tapi belum tentu menurut anda juga indah. Oleh karena itu penilaian tersebut secara tidak langsung akan beradaptasi dengan keadaan psikologis kita ketika itu, saya menyebutnya sebagai proses terapi. Setidaknya bisa dikatakan sebagai penyegaran atau pencerahan untuk mata dan pikiran.

Yang terakhir dari manfaat jalan-jalan, serta saya anggap sebagai manfaat utama dari jalan-jalan adalah dapat kita jadikan sebagai bahan renungan untuk mengintrospeksi diri (terutama ketika melihat keindahan alam). Maksudnya adalah sebagai pembuktian kepada kita bahwa ternyata kita itu sesungguhnya kecil dan bukanlah apa-apa (dibandingkan dengan segala ciptanNya). Dengan mengetahui hal itu, kita dapat menyadari atau setidaknya dapat terhindar dari sifat sombong.

Mungkin masih banyak lagi manfaat lainnya, yang pada intinya adalah bagaimana sikap kita untuk bersahabat serta menjaga alam ini. Karena, alam telah menyediakan segalanya untuk kita, salah satunya adalah sebagai tempat kita berpijak.

Lokasi gambar : Gunung Singgalang, Padang Panjang – Sumatera Barat

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Menambah pengalaman dengan jalan-jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*