Mau belanja Kaos secara Online? Jangan lupakan hal berikut

Tips membeli kaos onlineOnline, Online, dan Online. Sepertinya kata tersebut sudah bukan hal yang tabu untuk jaman sekarang. Termasuk dalam hal transaksi atau berbelanja. Sudah beberapa tahun akhir-akhir ini, belanja online perlahan merubah kebiasaan kita terhadap cara yang biasanya dilakukan. Sambil jalan harus masuk ke toko yang menjual barang-barang yang ingin kamu cari, melihat-lihat, dan tidak jarang kamu justru harus keluar lagi tanpa mendapatkan apa yang ingin kamu cari. Belum lagi hal-hal lainnya yang bisa membuat kamu merasa repot, seperti hanya membuang waktu saja, atau mungkin seperti pengalaman saya ketemu shopkeeper yang bikin illfeel. Tapi, ketika kamu menemukan barang yang kamu cari, kamu akan merasa puas. Karena kamu dapat memilih dengan melihat satu per satu yang fisiknya benar-benar nyata. Itulah dia salah satu kekurangan dan kelebihan belanja di toko secara langsung.

Sedangkan jika secara Online, kamu hanya cukup duduk manis di depan layar, memainkan jari-jari kamu untuk melihat-lihat katalog, kemudian tinggal mengambil keputusan untuk check out, atau keluar untuk mencari toko online sejenis lainnya untuk dapat menemukan kaos yang kamu cari.

Perbandingan dari dua gambaran tersebut memiliki penilaian yang pastinya berbeda-beda. Karena secara mendasar, tergantung dari kebiasaan setiap individu. Jika terbiasa atau senang belanja dengan cara langsung, maka ia akan melakukan semua hal di atas. Sebaliknya, jika kamu memang lebih memilih belanja dengan cara online, kamu akan merasa bahwa keluar masuk toko adalah hal yang membosankan. Finally, semuanya tergantung kepada kebiasaan, keinginan, atau cara kamu sendiri.

Tanpa saya sadari, ternyata sudah 2 tahunan saya jual kaos Online. Meskipun masih tergolong baru, tapi tanpa memperpanjang memperlebar apalagi memperdalam, kali ini saya akan berbagi tips mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli kaos secara online.

Apakah Stocknya tersedia?

Saya rasa ini adalah hal utama yang harus kamu tanyakan sebelum berkeputusan untuk membeli. Jangan sampai kamu telah melakukan transfer ternyata barangnya nggak ada.

Bagaimana Fisik barangnya?

Bertanya mengenai detail produk yang di jual adalah hak kamu sebagai calon pembeli. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan spesifikasi produk yang ingin kamu beli. Dengan senang hati pasti si penjual akan menjawab segala pertanyaan kamu. Ya misalkan bahan kaosnya apa? Atau sablonannya gimana?

Size Chart-nya bagaimana?

Size Chart, atau ukuran standard kaos menurut saya cukup penting bagi calon pembeli agar mendapatkan kaos yang benar-benar sesuai atau pas bagi si pemakai nantinya. Jika kamu merasa ragu-ragu terhadap size chart bagaimana? Cobalah untuk bertanya, atau jangan sungkan untuk mencoba meminta solusi. Ini untuk menghindari ketidakcocokan antara harapan dan fisik kaos sebenarnya setelah sampai ke tangan kamu nantinya. Jangan sampai setelah kamu membeli ternyata kaosnya kekecilan, atau sebaliknya.

Dimana lokasi si penjual?

Ketika kamu bertanya melalui Customer Service di toko online yang sedang kamu kunjungi, mungkin kamu bisa sedikit berbasa basi menanyakan lokasi, atau dari mana barang akan di kirim oleh si penjual. Karena ini setidaknya bisa meminimalkan uang yang harus kamu keluarkan jika ternyata memang domisili penjualnya satu Kota dengan tempat tinggal kamu.

Tarif pengirimannya berapa?

Sudah menjadi sistim dalam berbelanja secara online, yaitu biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli. Memang nggak ada salahnya sih kamu bertanya sekalian untuk sekedar berbasa-basi apakah kamu mendapatkan free ongkir atau tidak, karena siapa tahu aja lagi ada promo free ongkir. Kan lumayan. Hehe..

Apakah ada Garansi?

Ini sebenarnya hanya poin tambahan saja. Karena saya sendiri seringkali mendengar pertanyaan yang berujung kepada kompensasi terhadap pembeli. Misalnya, jika barang yang di kirim tidak sesuai dengan yang di beli bagaimana? Atau mungkin, terdapat kesalahan pengiriman jenis kaos, kesalahan jahitan, hasil sablon yang kurang sempurna, yang intinya reject. Apakah ada jaminan atau garansi? Tergantung kamu perlu atau tidak menanyakan hal ini. Tapi berdasarkan pengalaman saya jual kaos, sudah nggak terhitung lagi banyaknya pembeli yang menanyakan hal ini. Jika dipersentasekan, kurang lebih 80 persen mereka akan menanyakan tentang hal ini.

Sistim Pembayarang via apa?

Jika kamu telah merasa benar-benar deal, pembayarannya via bank apa? Dengan bertransaksi menggunakan bank yang sama, maka pastinya ada akan terbebas dari charge. Yang intinya juga bisa meminimalkan pengeluaran.

Cukup sekian, dan kalau memang kebetulan kamu memang lagi cari-cari Tshirt, Kaos, Raglan, atau Polo shirt. Silahkan mampir ke lapak saya. Siapa tahu aja kamu bisa nemuin kaos idaman kamu. Akhir katan, happy shopping yah, dan semoga posting saya kali ini bisa menjadi tips atau masukan bagi kamu sebelum memutuskan untuk membeli kaos pilihanmu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan karena merasa tidak sesuai seperti yang diharapkan 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips merawat kaos kesayangan | andifebrian.com
  2. Mengenal tipe-tipe buyer / pembeli di Online Shop | andifebrian.com

Comments are closed.