Manfaat Statistic Tracker pada blog

Statistic Tracker, atau saya menyebutnya dengan istilah untuk mengetahui jumlah pengunjung pada blog. Itu istilah saya lho.., nggak tahu bagaimana dengan istilah kamu bagi yang sudah tidak asing lagi dengan statistic tracker ini. Tapi pada konsepnya setiap pemilik blog yang memanfaatkan ini bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa banyak pengunjung blognya.

Tapi perlu diketahui juga, selain untuk mengetahui jumlah pengunjung, statistic tracker juga dapat dijadikan sebuah informasi bagi pemilik blog yang menggunakan tool ini untuk dapat mengetahui lalu lintas pada blognya. Karena bagi seorang newbie (termasuk saya) mungkin hanya menganggap bahwa tool ini hanya untuk mengetahui jumlah pengunjung saja, tetapi sebenarnya lebih dari itu. Justru sesuai dengan namanya, Statistic Tracker, bisa menjadi sebuah cara untukmengetahui statistik secara keseluruhan pada total pengunjung yang telah mengunjungi blog kita. Misalnya, kita dapat mengetahui dari mana asal pengunjung (dari search engine atau dari blog lain), kita bisa mengetahui pengunjung berdasarkan keyword (kata kunci), kesasar atau tidak, lokasi, dsb.

Ini adalah cara yang menarik bagi kamu yang ingin memonitor sekaligus belajar atau mengasah untuk bereksperimen pada keyword yang menjadi target kamu. Sederhananya, jika kamu telah mengetahui keyword yang tepat pada blog kamu, maka setidaknya kamu bisa lebih fokus untuk menyediakan konten yang berhubungan dengan keyword kamu tersebut. Selain itu, jika kamu telah mengetahui statistiknya, maka kamu juga bisa memperhatikan posisi (halaman) blog kamu di search engine. Memang sih, terkadang posisi di search engine tidak menjamin untuk mendatangkan pengunjung, tapi tidak bisa di pungkiri juga, bahwa search engine memberikan kontribusi yang cukup besar di blog kita.

Masalah statistik tracker-nya, kamu bisa mencari web tracker atau statistic tracker di search engine dan memanfaatkannya. Seperti SiteMeter, OpenTracker, Histats, StatCounter, de el el. Tapi saya pribadi menggunakan Histats atau bisa juga dengan menggunakan FeedBurner, kalau kamu mau coba juga silahkan. Cara pasangnya di blog-pun tidak terlalu rumit kok..

So, semoga dengan bahasa ala newbie ini, kamu bisa menyimpulkan sendiri dari manfaat statistic tracker 😉

Image source : Histats


About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*