Manfaat puasa untuk kesehatan

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar, atau sekedar suatu rutinitas yang mayoritas dilakukan oleh umat Islam ketika bulan Ramadhan. Jika dilakukan dengan benar, terutama mengkonsumsi karbohidrat, protein, serat, dan juga air putih ketika sahur dan berbuka, kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari berpuasa.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui bahwa puasa ternyata memiliki beberapa manfaat yang dapat menjadikan kondisi tubuh ke arah yang lebih baik. Berikut beberapa manfaat puasa yang mungkin bisa menyemangati kamu dalam berpuasa di bulan yang cuma sekali dalam setahun, atau tepatnya ketika bulan Ramadhan :

1. Dengan berpuasa, tubuh telah berisitirahat, khususnya pada bagian pencernaan. Maka dari itu, organ pencernaan, seperti kerongkongan, lambung, dan usus dapat bekerja lebih baik serta maksimal ketika kita kembali mengkonsumsi makanan.

2. Dengan berpuasa, kita telah membantu tubuh untuk menghilangkan racun-racun yang berbahaya. Karena hal tersebut seringkali puasa dijadikan sebagai metode detoksifikasi alami bagi tubuh. Ini terjadi karena kondisi lambung yang kosong selama berpuasa akan lebih optimal ketika berbuka, dan ketika lambung kosong maka penyerapan nutrisi akan berjalan secara efektif yang dapat mengurangi penimbunan sisa makanan atau nutrisi yang tidak di serap secara sempurna oleh tubuh.

3. Berkurangnya konsumsi air dapat mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses ini secara tidak langsung akan mengantisipasi, atau setidaknya meminimalkan pembengkakan pada perut, kaki serta lutut yang seringkali dialami oleh kaum perempuan ketika menstruasi.

4. Puasa juga membantu meredakan nyeri pada bagian persendian. Bagi orang-orang yang menderita arthritis (radang sendi). Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan dengan membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan bakteri atau racun yang menyebabkan radang sendi.

5. Puasa dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Selain itu juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Kita akan sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi selama puasa. Hal ini berdampak terjadinya penurunan gula darah serta kolesterol.

6. Meskipun tidak bersifat mutlak, puasa juga dapat mengurangi berat badan yang berlebih. Dengan berpuasa, otomatis kita akan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman. Meskipun kenyataannya sebagian besar orang justru melupakannya saat buka puasa dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan kalori bila dibandingkan dengan sayuran dan buah-buahan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Manfaat puasa untuk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*