Langkah-langkah sebelum membuat Toko Online

Yang harus diperhatikan sebelum membuat toko onlineJualan online tidak jauh berbeda dengan jualan di dunia nyata, sebelum memulai bisnis online juga harus merencanakan hal-hal yang sekiranya dibutuhkan untuk dapat memaksimalkan penjualan. Secara umum, hanya metodenya yang berbeda. Beberapa hal diantaranya adalah bagaimana cara mendisplay produk, bagaimana caranya menjadikan produk agar mudah ditemukan, bagaimana sistim pembayarannya, bagaimana cara menjadikan toko online menjadi terlihat menarik. Intinya, kalau dipertimbangkan secara keseluruhan memang terkesan merepotkan.

Saya terinspirasi dari masa lalu. Jadi teringat tentang semua pengalaman yang saya tuliskan di atas. Kurang lebih 2 tahun yang lalu ketika saya ingin memulai bisnis online, tepatnya jualan online. Saya merasa tidak pede, takut nggak laku, takut rugi karena sia-sia, takut merasa kesulitan dalam me-manage produknya, merasa bukan ahlinya, bla bla bla. So, kali ini hanya bertujuan untuk sedikit berbagi untuk anda yang ingin memulai jualan menggunakan toko online. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika membangun toko online.

1. Tentukan produk yang ingin di jual.

Bukan toko namanya jika tidak ada produk yang ingin di jual. Yang pastinya dan langkah awalnya adalah anda harus menentukan jenis barang apa yang ingin anda jual. Makanan, obat-obatan, pakaian, souvenir, dsb. Intinya sebelum memulai yang harus dilakukan adalah menentukan produk. Mungkin itu bisa produk yang anda jual atau produksi sendiri secara offline, atau produk dari pihak lain/supplier. Selanjutnya, silahkan membuat dan menjadikan nama/brand toko anda yang kira-kira mudah di ingat.

2. Ketahui produk secara mendetail

Pengetahuan tentang produk sangat penting dalam berjualan. Ini merupakan sebuah langkah untuk mengantisipasi anda tidak merasa bingung ketika ada konsumen yang bertanya tentang sesuatu hal yang rasanya cukup mendetail mengenai produk anda. Jika anda memiliki Product Knowledge yang baik, itu adalah sebuah modal untuk meyakinkan calon pembeli dalam mengambil keputusan.

3. Membuat halaman Panduan Belanja

Halaman Panduan Belanja dimaksudkan untuk memberikan penjelasan kepada calon konsumen anda mengenai cara berbelanja / membeli produk di toko anda. Sekalipun anda membuat toko yang masih bersifat manual, jangan lupa untuk menambahkan Halaman Panduan Belanja.

4. Buatlah navigasi yang sederhana dan mudah

Pada saat proses pencarian, biasanya calon konsumen akan cenderung bersikap membandingkan. Maka dari itu, buatlah tombol navigasi yang sederhana dan mudah di lihat oleh calon konsumen anda. Misalnya, seperti mencantumkan halaman kontak dan kategori. Selain itu, usahakan kinerja webstore anda tidak lambat. Karena kecepatan webstore anda sangat menentukan langkah selanjutnya ketika calon konsumen melakukan perambahan dari halaman satu ke halaman lainnya.

5. Cantumkan nomor telepon/HP

Untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, mencantumkan no telepon, HP, Pin BB, adalah hal yang wajib. Ini untuk memberikan kesempatan pada calon pembeli ketika mereka memiliki pertanyaan atau penawaran.

6. Memberikan beberapa alternatif pembayaran

Gunakanlah metode pembayaran yang banyak digunakan oleh banyak orang, selain itu berikanlah alternatifnya. Dalam masalah pembayaran, bank rekomendasi yang paling banyak digunakan adalah BCA dan Mandiri. Dengan memberikan beberapa alternatif pembayaran, pastinya akan mempermudah calon konsumen untuk melakukan transaksi.

7. Berikan pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik cukup sulit untuk di nilai, karena biasanya hanya konsumen yang dapat menilai. Sekalipun anda telah menganggap telah memberikan pelayanan terbaik, tapi belum tentu itu berlaku di mata calon konsumen anda. So, don’t care about it! Lakukanlah Pelayanan Terbaik yang menurut anda dapat menciptakan image toko anda positif. Misalnya, segera membalas sms calon konsumen, memberikan solusi, mencoba menemukan yang dibutuhkan calon konsumen, tidak kaku/fleksible, dll.

8. Cantumkan halaman testimoni

Halaman testimoni menurut saya sangat efektif untuk mendongkrak calon konsumen untuk melakukan transaksi, bahkan bagi saya adalah modal awal bagi calon konsumen untuk memberikan kepercayaan level satu. Tapi ingat, buatlah halaman testimoni dengan apa adanya. Jangan terkesan berlebihan, apalagi lebay. Setidaknya beberapa testimoni dari para pembeli yang telah berbelanja di toko anda dapat memberikan gambaran bahwa toko anda adalah REAL, bukan toko fiktif atau penipu.

9. Memaksimalkan SEO

Search Engine Optimization atau disingkat SEO. Bagaimana cara meningkatkan setiap hasil pencarian tertuju tepat pada toko online anda dan setiap halamannya merupakan poin yang sangat penting. Jika anda masih bingung sama yang satu ini, abaikan! Jika anda ingin menjadikan toko online anda menjadi search engine friendly, silahkan arungi besarnya ombak dan dalamnya lautan Google. Karena menurut saya adalah, SEO terbaik adalah Word of Mouth, alias dari mulut ke mulut. Terkesan tradisional memang, tapi itulah langkah yang saya lakukan waktu pertama kali membangun toko online.

Tambahan : 10. Jangan lupakan after sales!

Setelah proses transaksi telah dilakukan, jangan lupa untuk menginformasikan no resi pengiriman, atau memastikan kondisi barang yang telah di beli konsumen tidak cacat. Dengan begitu, selain dapat memberikan poin positif mengenai pelayanan dan image toko anda, secara tidak langsung itu juga telah menancapkan awareness / daya ingat konsumen terhadap toko anda untuk melakukan pembelian kembali di kemudian harinya. Dan jangan lupa berdoa yah..

Cukup segitu dulu. Website bagaikan sebuah media yang sudah menjamur. Bahkan, setiap usaha rata-rata sudah memiliki website sebagai media dan juga sebagai media dalam membentuk image terhadap produk yang di jual. Jika anda merasa bingung harus di isi apa dan bagaimana cara mempercantik websitenya? Pake yang gratisan atau self hosting ya? Saya cuma bisa bilang, “Jangan pikirin itu dulu!”. Yang penting, coba buat dulu. Secara perlahan anda dapat mempelajari semuanya seiring waktu sambil mengenal sekaligus memahami dari setiap menu yang ada. Biarkan saja waktu yang menjawab. Seperti kata bijak yang mengatakan, “Learning by doing..”. Ya, sebenarnya anda bisa mencari sumber-sumbernya di Google jika memang ada NIAT. Tapi kalau anda merasa malas, atau merasa tidak punya waktu untuk membuatnya, anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online.

Happy selling 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Langkah-langkah sebelum membuat Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*